Covid-19 Melonjak, Prof Zubairi Djoerban Usul Lockdown 2 Minggu

okezone | Gaya Hidup | Published at 23/06/2021 03:13
Covid-19 Melonjak, Prof Zubairi Djoerban Usul Lockdown 2 Minggu

KASUS positif covid-19 terus melonjak tajam, bahkan mencapai angka lebih dari 2 juta orang. Pemerintah pun terus berupaya menanggulangi kejadian ini, salah satunya adalah Bandung yang melakukan lockdown. Namun sayangnya tidak semua wilayah melakukan hal serupa.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban pun angkat bicara. Ia menyarankan Pemerintah Indonesia menerapkan lockdown selama 2 minggu. Ini bertujuan memperlambat persebaran, meratakan kurva, hingga menyelamatkan fasilitas kesehatan.

"Dan yang pamungkas: Menahan situasi pandemi jadi ekstrem yang akan membahayakan lebih banyak nyawa," kata Prof Zubairi melalui unggahan di akun Twitternya @ProfesorZubairi.

Lebih lanjut ia mengajak seluruh masyarakat melawan pandemi covid-19 secara bersama-sama agar cepat selesai dan bisa menjalani hidup seperti sedia kala.

Selain itu, Profesor Zubairi juga meminta menjauhi agitasi politik, apalagi merendahkan dengan kata-kata seperti herd stupidity, baik untuk pemerintah atau masyarakat.

Lockdown. (Foto: Shutterstock)

"Merendahkan pihak lain bukan sebuah jalan, dan tidak akan juga menghentikan penularan covid-19 yang makin tinggi," tuturnya.

Mengetahui usulan Profesor Zubairi ini, netizen langsung memberikan komentar. Sebagian dari mereka setuju dengan usulan ketua Satgas Covid-19 IDI itu, tapi ada juga yang kontra.

"Setuju Prof, sekarang tingkat penularannya jauh lebih tinggi daripada tahun lalu," tulis akun @sy***** di kolom komentar.

"Saya setuju prof, tapi apa solusi untuk orang-orang yang kalau 2 minggu gak kerja gak dapat uang?" tanya @Gu*****.

"Masih yakin akan bakal ada lockdown Prof? Pembukaan PON PAPUA aja prokes FREE," ungkap @Lu*****.

"Prof, bisakah disimulasikan bagaimana lockdown itu seharusnya dilakukan?" tanya @Ha*****.

Artikel Asli