Loading...
Loading…
Cegah COVID-19, Dokter: Jangan Sentuh Wajah, Tolong Camkan dalam Pikiran

Cegah COVID-19, Dokter: Jangan Sentuh Wajah, Tolong Camkan dalam Pikiran

Gaya Hidup | okezone | Senin, 30 Maret 2020 - 10:41

Penyakit COVID-19 bisa dicegah dengan menjalankan perilaku hidup bersih, salah satunya mencuci tangan dengan sabun. Saran ini yang selalu disampaikan dokter.

Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Paru RS Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dr. Erlina Burhan, SpP, sangat penting bagi masyarakat untuk cuci tangan.

"Virus dilapisi dengan lemak dan lemak ini bisa dihancurkan dengan sabun. Makanya, jangan pernah malas untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Ini cara efektif mencegah COVID-19," tegas dr Erlina saat konpres di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Selain cuci tangan, dr Erlina pun meminta kepada masyarakat agar tidak memegang wajah sendiri. Hal ini ternyata menjadi cara seseorang bisa terinfeksi COVID-19 secara tidak langsung.

Ya, penularan COVID-19 itu bisa melalui dua cara, langsung dan tidak langsung. Cara langsung adalah Anda terpapar langsung melalui droplet yang terciprat dari orang sakit. Sementara penularan tak langsung adalah Anda memegang permukaan yang terkontaminasi virus.

Nah, memegang wajah langsung memungkinkan virus yang ada di permukaan terkontaminasi masuk ke dalam tubuh. Karena itu, dr Erlina menegaskan jangan sentuh wajah.

"Jangan menyentuh wajah. Tolong, camkan dalam pikiran. Karena kalau sudah ditanamkan dalam pikiran, akan menjadi kebiasaan dan membuat Anda terhindar dari penularan COVID-19," paparnya.

Dokter Erlina menambahkan, dua saran ini menjadi sangat penting saat pandemi COVID-19 sekarang. Karena itu, jadikan cuci tangan dengan sabun dan jangan menyentuh wajah kebiasaan sehari-hari supaya kita semua bisa terhindar dari COVID-19.

Original Source

Topik Menarik