Loading...
Loading…
Turunkan Berat Badan, Efektif Mana Kardio atau Angkat Beban?

Turunkan Berat Badan, Efektif Mana Kardio atau Angkat Beban?

Gaya Hidup | yesdok.com | Minggu, 06 Juni 2021 - 13:40

Menurunkan berat badan tidak melulu soal diet. Anda bisa menurunkan berat badan dengan rutin berolahraga. Olahraga telah terbukti membakar kalori dan hal tersebut dapat membantu mereka yang memiliki berat badan berlebihan.

Ada banyak jenis olahraga yang baik bagi kesehatan, salah satu yang populer adalah kardio dan olahraga angkat beban. Mana yang lebih efektif menurunkan berat badan?

Kardio

Kardio dipercaya lebih banyak membakar kalori setiap sesinya sehingga dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Namun jenis olahraga ini membakar kalori hanya saat berolahraga saja. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa semakin tinggi intensitas kardio yang dilakukan, maka semakin besar kalori yang terbakar.

Kelebihan lainnya dari olahraga kardio adalah mempu meningkatkan detak jantung. Olahraga kardio dapat membuat aliran darah lebih banyak dan cepat mengalirkan oksigen ke sel otot jantung. Hal ini pula yang dapat membakar lemak lebih banyak selama olahraga. Adapun contoh olahraga kardio adalah jalan kaki, jogging, hingga berenang.

Angkat beban

Angkat beban dapat membakar kalori tidak sebanyak kardio. Tetapi olahraga angkat beban dapat membantu membakar kalori 14 hari kedepan. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengangkat beban dapat meningkatkan pembakaran kalori dan metabolisme tubuh selama 39 jam setelahnya.

Baca Juga :
4 Jenis Olahraga yang Tak akan Bikin Kamu Jadi Kurus

Kelebihan lainnya dari angkat beban adalah dapat membangun massa otot, meningkatkan kepadatan tulang pinggul, pertumbuhan tulang dan meningkatkan metabolisme. Massa otot yang terbentuk dengan baik dapat memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh. Bahkan orang yang memiliki massa otot lebih banyak dapat makan tanpa berpengaruh pada berat badan. Jangan khawatir, angkat beban tidak akan membuat Anda bulky kecuali Anda memang melakukan program.

Dilansir dari healthline, dapat dikatakan kardio lebih efektif dalam membakar lemak dibandingkan angkat beban jika dilakukan lebih dari 150 menit per minggu. Sementara angkat beban sangat baik dalam membentuk massa otot dibandingkan kardio. Kardio maupun angkat beban masing-masing memiliki keuntungan. Sehingga keduanya baik dilakukan dan bisa dikombinasikan untuk menurunkan berat badan dan memperbaiki komposisi tubuh.

Original Source

Topik Menarik

{