Jangan Salah Pilih! Ini 7 Jenis Keju untuk Ibu Hamil

Gaya Hidup | okemom.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:59
Jangan Salah Pilih! Ini 7 Jenis Keju untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil pasti akan menghadapi berbagai macam pantangan, termasuk soal makanan. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati nih saat memilih jenis makanan, tak terkecuali saat memilih keju. Sebab, tak semua jenis keju aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Meski begitu, mom tak perlu risau karena masih ada beberapa jenis keju yang aman untuk ibu hamil. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Keju cheddar

keju untuk ibu hamil
Source: Freepik

Siapa sih yang tak tahu keju cheddar? Hampir semua orang pasti tahu keju cheddar, sebab cheddar termasuk salah satu jenis keju yang paling banyak beredar di pasaran. Bahkan, keju cheddar kerap dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat aneka kue.

Tak hanya lezat, keju cheddar juga mengandung berbagai nutrisi baik, seperti vitamin A, B12, zinc hingga fosfor yang baik untuk ibu hamil.

2. Keju mozzarella

keju mozzarella untuk ibu hamil
Source: Freepik

Aneka makanan dengan lelehan keju mozzarella memang kian menarik perhatian ya? Tak hanya menggoda secara visual, rasa keju mozzarella pun selalu bikin ketagihan. Tak hanya lezat, keju mozzarella juga mengandung banyak nutrisi baik, mulai dari vitamin A, B12, C, D, kalsium, fosfor, seng, hingga folat.

Sayangnya, tak semua keju mozzarella aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apabila mom ingin mencampurkan keju mozzarella ke dalam hidangan, pastikan memilih keju mozzarella yang terbuat dari susu pasteurisasi.

3. Keju edam

keju edam
Source: Pinterest

Bagi yang sering membuat kue kering pasti sudah tak asing dengan keju edam. Keju yang memiliki tekstur lebih keras dan cenderung asin ini rupanya masuk dalam kategori keju yang aman bagi ibu hamil. Sebab, kandungan  lemak dalam keju edam terbilang cukup rendah.

Tak hanya itu, keju edam juga mengandung nutrisi, seperti vitamin A, B12, K, fosfor, seng dan folat yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

4. Keju parmesan

keju parmesan padat dan bubuk
Source: Pinterest

Keju parmesan merupakan jenis keju yang memiliki tekstur cenderung keras dan memiliki rasa asin dengan aroma yang cukup tajam. Umumnya, keju parmesan dijual dalam bentuk padat maupun bentuk dan yang menjadi ciri khas dari keju ini, yaitu memiliki lubang-lubang kecil di setiap bagiannya apabila kita mengamatinya dari dekat.

Keju yang kerap digunakan untuk taburan berbagai hidangan ini ternyata aman dikonsumsi karena bahan dasar pembuatan parmesan ialah susu sapi, garam dan rannet.

5. Soft cheese

cream cheese keju untuk ibu hamil
Source: homestratosphere.com

Berbeda dengan jenis keju lainnya, soft cheese memiliki rasa yang sedikit asam. Umumnya keju ini digunakan pada hidangan penutup, seperti cheese cake, isian pie, atau dimakan bersama potongan buah-buahan.

Nah, bagi mom yang ingin menggunakan soft cheese untuk isian roti, keju ini telah terbukti aman dikonsumsi karena soft chesee terbuat dari susu yang dipasteurisasi.

6. Mascarpone

Mascarpone untuk tiramisu
Source: Freepik

Keju bercita rasa manis dan gurih ini juga termasuk keju yang aman untuk dikonsumsi asalkan terbuat dari susu yang dipasteurisasi. Sebab, keju mascarpone mengandung nutrisi yang baik bagi ibu hamil, seperti vitamin A, B, kalsium, magnesium dan fosfor.

Keju lembut yang berasal dari Italia ini seringkali menjadi bahan membuat kue atau campuran untuk membuat berbagai hidangan penutup.

7. Keju feta

jenis keju feta
Source: Freepik

Di Indonesia, keju feta memang tidak sepopuler jenis keju lainnya. Meski begitu, tak sedikit restoran yang menambahkan keju feta sebagai bahan pelengkap berbagai jenis hidangan. Menariknya, keju feta ini terbuat dari olahan susu kambing, sehingga keju ini aman dikonsumsi.

Bahkan, keju yang berasal dari Yunani ini mengandung banyak vitamin B12, A, asam pantotenat, folat, dan magnesium yang baik dan dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang janin.

Nah, dari ketujuh keju di atas, mom paling suka sama yang mana nih?


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Artikel Asli