Lebih Aman, Ini 7 Bahan Alami Pengganti Gula

Gaya Hidup | herstory | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:15
Lebih Aman, Ini 7 Bahan Alami Pengganti Gula

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang tak bisa lepas dari konsumsi kita sehari-hari. Gula bisa kita temukan baik dalam bentuk makanan atau minuman.

Sayangnya, konsumsi gula secara berlebihan ini merupakan sebuah hal yang buruk. Hal ini semakin berbahaya pada orang-orang dengan kondisi tertentu.

Tingginya kandungan gula pada tubuh bisa menyebabkan dampak buruk serta inflamasi. Sayangnya, tanpa sengaja kadang gula ini memang sudah ada pada makanan dan minuman kita.

Untuk mencegah kandungan gula berlebih ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membatasi tambahan gula pada makanan dan minuman kita. Untuk mengatasi hal ini, kita juga dapat mengganti konsumsi gula dengan sejumlah bahan lain.

Mengganti gula dengan bahan lain bisa membantu untuk membuat rasa makanan tetap manis tanpa takut mengalami dampak buruk. Dilansir dari berbagai sumber, (28/05/2021) berikut sejumlah alternatif sehat pengganti gula yang bisa kamu coba.

1. Madu

Madu merupakan salah satu alternatif yang paling umum sebagai pengganti gula. Gula dalam bentuk mentah dan alami merupakan yang paling sehat karena tak mengalami proses pasteurisasi dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Madu juga memiliki kandungan enzim, antioksidan, zat besi, serta zinc yang sehat.

2. Sirup Maple

Sirup maple merupakan salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk mempermanis beragam hal. Sirup ini memiliki kandungan antioksidan yang melawan radikal bebas seperti zinc dan potassium.

3. Sirup Agave

Sirup agave merupakan salah satu bahan yang ternyata juga bisa menjadi pengganti gula. Agave memiliki indeks glikemik yang rendah serta bisa menjadi pilihan yang sehat bagi penderita diabetes.

4. Stevia

Stevia merupakan pengganti gula dengan kandungan bebas kalori dan sangat terkonsentrasi. Saat ini, stevia merupakan salah satu bahan yang cukup populer sebagai pengganti gula. Mengingat barunya temuan ini, penelitian masih perlu dilakukan mengenai manfaatnya.

5. Gula Jawa

Gula Jawa atau gula kelapa memiliki indeks glikemik yang jauh lebih rendah dibanding gula. Gula jenis ini memiliki kandungan fruktosa yang sama dengan gula putih sehingga sama-sama tidak boleh dikonsumsi berlebih. Walau begitu, gula ini memiliki banyak kandungan mineral dan antioksidan di dalamnya.

6. Kurma

Kurma merupakan buah dengan rasa sangat manis dan lezat. Buah ini bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk makanan dan minuman. Walau memiliki rasa yang sangat manis, namun kurma hanya memiliki infeks glikemim setengah dari gula putih.

7. Ekstrak Luohan Guo

Ekstrak Luohan Guo bisa memiliki rasa yang lebih manis dibanding gula namun tidak terdapat dampak buruk dari konsumsinya. Buah ini juga rendah kalori namun kaya antioksidan.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli