Apa Itu Menstruasi?

Gaya Hidup | okemom.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 10:54
Apa Itu Menstruasi?

Menstruasi adalah proses perdarahan yang terjadi pada uterus atau dinding rahim perempuan yang mengalir keluar melalui vagina. Perempuan rata-rata mengalami menstruasi pertama pada usia 12-14 tahun.

Menstruasi atau haid terjadi ketika dinding rahim mengalami penebalan untuk persiapan kehamilan. Namun, sel telur yang telah matang dan tidak terbuahi akan menyebabkan dinding rahim tempat menempelnya embrio tersebut luruh. Luruhnya dinding rahim inilah yang disebut menstruasi.

Haid merupakan siklus alami yang terjadi pada perempuan. Normalnya, siklus ini terjadi sebulan sekali yakni antara 28 hari hingga 40 hari dengan durasi rata-rata 4-7 hari. Darah menstruasi umumnya berwarna merah muda, merah pekat, hingga merah kecokelatan.

Adapun volume perdarahan paling banyak biasanya terjadi pada hari pertama dan kedua siklus menstruasi. Perempuan yang menstruasi umumnya akan kehilangan darah sekitar 30-70 milimeter atau sekitar 5-12 sendok teh. Karena faktor hormonal, volume menstruasi pun dapat berbeda pada setiap siklusnya.

Adapun hormon yang memengaruhi siklus menstruasi pada perempuan yakni estrogen, progesteron, follicle stimulating hormone (FSH), dan luteinizing hormone (LH).

Oleh karena itu, menstruasi pun dapat memengaruhi perubahan emosional atau mood, dan juga kesehatan fisik. Kebanyakan perempuan akan merasakan beberapa keluhan ketika akan menstruasi baik secara fisik dan psikis. Misalnya saja payudara terasa sakit, demam, kram di area perut, hingga perubahan mood yang drastis.

Apabila menstruasi terasa terlalu menyiksa seperti membuat seseorang tidak bisa melakukan aktivitas harian dengan normal, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Demikian juga jika siklus terganggu seperti haid dalam waktu 14 hari lebih, atau justru menstruasi 3 bulan sekali. Segera ke dokter.

Artikel Asli