Diabetes Bisa Sembuh dengan Rutin Berpuasa, Benar atau Salah?

Gaya Hidup | herstory | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 09:30
Diabetes Bisa Sembuh dengan Rutin Berpuasa, Benar atau Salah?

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyerang metabolisme tubuh dengan tingginya kadar gula darah untuk memproduksi insulin. Penyebab utama penyakit diabetes adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula tambahan.

Pola makan yang enggak baik dan kebiasaan makan berlebihan juga menjadi penyebab kamu terserang penyakit diabetes. Lantas, bagaimana cara menyembuhkan penyakit diabetes?

Katanya, berpuasa dapat menyebuhkan penyakit diabetes. Benar atau salah ya?

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau bisa disebut dengan penyakit kronis. Kalau diabetes enggak dikontrol dengan baik, maka akan sangat berbahaya untuk si penderita.

Melansir dari berbagai sumber (28/5/2021), ternyata berpuasa bukanlah salah satu cara yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes. Namun, kalau penderita diabetes berpuasa dengan cara yang benar, maka akan memberi manfaat yang baik.

Salah satu manfaat berpuasa bagi penderita diabetes adalah dapat mengontrol gula darah dan bisa tetap stabil, sehingga gejala penyakit diabetes enggak mudah muncul. Apa kamu tahu gejala apa saja yang akan muncul pada penderita diabetes?

Gejala yang akan muncul bagi si penderita penyakit diabetes, antara lain sering merasa haus dan lapar, sering buang air kecil, lemas, dan pandangan yang kabur.

Saat penderita diabetes berpuasa, proses regenerasi sel-sel baru akan bekerja dengan efektif. Kalau enggak berpuasa, energi akan terfokus pada proses pencernaan. Sementara itu, saat berpuasa energi akan berfokus pada regenerasi sel baru secara total, termasuk sel pankreas.

Meski berpuasa memiliki manfaat yang baik bagi penderita diabetes, kamu tetap harus berkonsultasi dulu dengan dokter, ya!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli