Minuman Ini Bisa Cegah Serangan Jantung, Yuk Dicoba

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 07:58
Minuman Ini Bisa Cegah Serangan Jantung, Yuk Dicoba

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan jantung adalah keadaan darurat medis di mana suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat, biasanya oleh gumpalan darah. Penelitian menunjukkan minum jus delima dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, penyebab utama serangan jantung.

Ada beberapa peristiwa kesehatan yang lebih menakutkan daripada serangan jantung, yang sering menyerang secara tiba-tiba. Ada banyak mekanisme yang dapat memutus suplai darah ke jantung, tetapi yang paling umum adalah pembentukan zat lilin yang disebut kolesterol di arteri.

Untungnya, penelitian menunjukkan minum jus delima dan makan kurma dapat memberikan perlindungan terhadap penumpukan kolesterol, sehingga mencegah risiko serangan jantung.

Penemuan kunci ini diterbitkan dalam terbitan Food & Function, jurnal The Royal Society of Chemistry. Sebelum melakukan penelitian, tim peneliti mengetahui manfaat individu yang diberikan oleh buah delima dan kurma.

Untuk menguji hipotesis mereka bahwa menggabungkan keduanya dapat memberikan perlindungan terhadap penumpukan kolesterol, para peneliti melakukan tikus aterosklerotik. Aterosklerosis adalah istilah medis untuk plak yang menumpuk di dalam arteri Anda.

Tim menemukan bahwa tiga kombinasi jus delima, buah kurma dan lubang kurma memberikan perlindungan maksimal terhadap perkembangan aterosklerosis.

Secara khusus, mereka menemukan kombinasi yang unggul menurunkan kadar kolesterol arteri sebesar 28 persen. Para peneliti menyimpulkan bahwa orang yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular, serta individu yang sehat, dapat memperoleh manfaat dari mengonsumsi kombinasi setengah gelas jus delima (empat ons), bersama dengan tiga buah kurma.

Idealnya, lubang harus ditumbuk menjadi pasta dan dimakan juga, tetapi bahkan tanpa lubang, kombinasi ini lebih baik daripada hanya buah saja, kata mereka.

Tips diet utama lainnya yakni setiap orang harus menjalani diet yang seimbang untuk mencegah risiko serangan jantung. "Faddy crash diet mungkin tidak memberikan nutrisi yang Anda kelola," kata British Heart Foundation (BHF) dilansir dari Express.

Selain itu, cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan memilih makanan dalam kelompok makanan.

Salah satu pola makan yang sesuai dengan pola ini adalah pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

"Diet DASH mendorong Anda untuk mengurangi natrium dalam makanan Anda dan mengonsumsi berbagai makanan kaya nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah, seperti kalium, kalsium, dan magnesium," jelas Mayo Clinic.

Diet DASH menekankan pada sayuran, buah-buahan dan makanan olahan susu rendah lemak - dan biji-bijian, ikan, unggas, dan kacang-kacangan dalam jumlah sedang. Selain diet DASH standar, ada juga versi diet rendah sodium (garam).

Artikel Asli