Mom, Yuk Cek Cara Aman Menyimpan Cabai di Dalam Kulkas

Gaya Hidup | okemom.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 08:48
Mom, Yuk Cek Cara Aman Menyimpan Cabai di Dalam Kulkas

Cabai adalah salah satu dari sekian banyak bahan makanan yang paling mom butuhkan untuk keperluan memasak. Istilahnya, kehadiran suatu makanan tanpa cabai akan terasa hampa bagi beberapa orang.

Oleh karena itu, banyak ibu yang memilih membeli cabai dalam jumlah banyak dan menyimpannya dalam kulkas. Akan tetapi, cabai tersebut malah busuk dan membuat mom kesal.

Ada beberapa cara aman menyimpan cabai di dalam kulkas. Hanya perlu mengikuti beberapa tahapan berikut ini, mom bisa mengonsumsinya kemudian hari.

1. Potong batang cabai

Cara Menyimpan Cabai Di Dalam Freezer
Source: canvacom

Sama seperti buah dan sayuran lainnya, cabai memiliki batang pada bagian atasnya. Jika batang tersebut tidak segera dipisahkan, ini akan memicu pembusukan cepat terjadi.

Terlebih lagi, jika kamu menyimpannya di dalam gudang yang punya suhu lembap. Oleh karena itu, sebelum meletakkan ke dalam kulkas, pisahkan dulu cabai dari batangnya.

Jangan lupa untuk kenakan sarung tangan agar tidak ada percikan dari cabai yang menyebabkan rasa panas pada tangan. Usahakan potong batang sedekat mungkin dengan daging cabai.

2. Gunakan wadah plastik dan dua tisu

Wadah Plastik
Source: canvacom

Setelah memisahkan cabai dengan batangnya, ambil wadah yang cukup besar untuk meletakkan cabai. Dapat menaruh tisu pada lapisan pertama di atas wadah dalam.

Kemudian masukan cabai ke wadah dengan jarak yang agak jauh, hindari berdekatan. Jika sudah, tutup lagi menggunakan tisu dan lakukan ulang sampai cabai terisi penuh.

Kegunaan tisu untuk cabai sendiri karena tisu mampu menyerap kelembapan dari proses pendinginan kulkas. Selain itu, tisu juga membantu ciptakan lingkungan lebih stabil agar cabai tetap dalam keadaan segar.

3. Simpan cabai dalam kulkas sampai 3 minggu

Cabai
Source: canvacom

Jika sudah selesai menyelesaikan langkah di atas, kamu hanya perlu memasukkan wadah ke dalam kulkas dan simpan cabai hingga 3 minggu saja.

Memang kulkas dapat menahan cabai tetap dalam keadaan segar, tapi tak selamanya begitu.

Setelah tiga minggu kualitas dari cabai akan berkurang dan kesegarannya pun mulai memudar. Karena itu, sebaiknya gunakan cabai sebelum waktu limit tersebut agar rasanya pun maksimal.

4. Menyimpan cabai ke freezer menggunakan alumunium foil

Alumunium Foil
Source: canvacom

Selain menyimpannya ke kulkas, bagian lain seperti freezer pun mampu menjaga kualitas dari cabai. Caranya pun terbilang cukup mudah dilakukan.

Bungkus seluruh memakai alumunium foil dengan batang yang masih menempel. Meskipun batang akan mempercepat proses pembusukan, tetapi ketika cabai disimpan dalam kondisi tepat hal tersebut tidak akan terjadi.

Setelahnya letakkan cabai yang sudah terbungkus alumunium foil ke piring besar dengan jarak tidak terlalu dekat.

5. Pindahkan ke wadah plastik dengan tutup rapat

Wadah Cabai
Source: canvacom

Setelah membungkusnya dengan alumunium foil, kamu bisa menaruh cabai ke freezer slama 7 jam atau semalaman dengan suhu dingin tapi tidak membuat beku.

Cara ini membiarkan cabai untuk melepaskan gas dan kelembapan dalam penyimpanan yang mengubah udara di sekitarnya jadi tetap segar lebih lama.

Karena itu juga, pastikan alumunium foil sudah tertutup rapat tanpa ada lubang.

Selesai menyimpannya semalaman, pindahkan cabai ke dalam wadah plastik yang tertutup rapat. Biarkan begitu saja dan langsung tutup rapat.

Apabila kamu berhasil melakukannya, maka cabai dapat bertahan sekiranya sampai 2 bulan di salam freezer . Akan tetapi, pastikan tutupnya terpasang erat sehingga cabai tidak busuk.

Itulah cara menyimpan cabai di dalam kulkas yang perlu diketahui. Jika cabai menunjukan tanda pembusukan seperti berubahnya warna, segera buang karena kualitasnya sudah tak baik untuk kita konsumsi.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Artikel Asli