Moms, Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Memberi MPASI pada Anak

Gaya Hidup | herstory | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 08:15
Moms, Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Memberi MPASI pada Anak

Ketika memasuki usia tujuh atau delapan bulan, penting bagi bayi untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Selain ASI dan susu formula,  si kecil bisa mulai mengonsumsi sereal bayi, daging atau protein lainnya, buah, sayur, biji-bijian, yogurt, dan keju.

Dari usia 6 hingga 12 bulan, selain ASI, bayi juga mulai mengonsumsi makanan padat sebagai pendamping.

Pengenalan terhadap makanan padat ini sangat penting bagi perkembangan bayi. Selain karena kebutuhan nutrisi, hal ini juga membantu membiasakan mereka untuk makan selanjutnya.

Mengenalkan anak pada makanan padat ini merupakan fase transisi yang butuh persiapan baik oleh buah hati dan orangtua. Dilansir dari berbagai sumber, (28/05/2021) berikut sejumlah hal yang penting disiapkan bagi anak untuk mulai mengonsumsi makanan padat.

Jangan Khawatir Saat Bayi Menolak Makanan Tertentu

Ketika bayi enggan mengonsumsi makanan tertentu, biasanya orangtua bakal putus asa dan berhenti menawari anak mereka. Walau begitu orangtua tak boleh putus asa karena penelitian menyebut bahwa perlu 6 hingga 15 kali percobaan sebelum bayi mulai menerima makanan baru.

Biasakan Bayi dengan Lingkungan Baru

Memberi bayi makanan baru berarti membiasakan mereka dengan lingkungan baru seperti kursi baru, sendok, serta mangkuk. Membiasakan mereka dengan lingkungan tersebut perlu dilakukan agar mereka familiar dengan lingkungan makan yang baru.

Membuat Jadwal Makan Bayi

Biasakan untuk memberi buah hati makanan padat sehari tiga kali. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah ketika waktu memberi makan. Ketika memberi makan, tawarkan makanan padat pertama kali baru kemudian susu formula atau ASI saat buah hati menolak.

Tawarkan Beragam Jenis Makanan Padat

Selera makan anak bisa berkembang secara berbeda menurut orangtua mereka. Beri anak beragam jenis makanan agar anak terpapar berbagai rasa dan terkstur pada usia muda. Hal ini bisa membuat mereka jadi menggemari berbagai jenis makanan kelak ketika sudah besar.

Kurangi Gangguan ketika Makan

Usahakan matikan TV dan musik selama makan serta hilangkan beragam gangguan seperti mainan. Buat situasi yang menenangkan dan fokus agar buah hati bisa makan dengan nyaman.

Selamat mencoba, Moms!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli