Jawaban Jazakallahu Khairan

Gaya Hidup | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 06:30
Jawaban Jazakallahu Khairan

JAKARTA, iNews.id - Lazim di kalangan Muslim bila mendapat penghargaan atau hadiah dari saudaranya untuk mengucapkan jazakallahu khairan yang artinya semoga Allah membalasmu.

Jika mendapat ucapan tersebut, Muslim dianjurkan untuk membalas jawaban jazakallahu khairan itu dengan mengucapkan
جَزَاكَ اللهُ (Jazakallahu Khairan) Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan. Jawaban itu jika diucapkan kepada laki-laki.

Sedangkan jika diucapkan kepada kaum perempuan yakni dengan mengucapkan
جَزَا ك الله (Jazakillahu Khairan) Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan (Perempuan).

Adapun untuk orang banyak atau jamak jawabannya sebagai berikut:

جَزَاكُمُ اللهُ (Jazakumullahu Khairan) Semoga Allah Membalas Kalian dengan Kebaikan (Jamak)

Dikutip dari laman pecihitam.org, ucapan jazakallahu khairan juga disunnahkan oleh Rasulullah Saw untuk menyampaikan terima kasih dan mendoakan kebaikan kepada orang yang telah berbuat baik.

Keutamaan Jazakallahu Khairan

Ucapan Jazakallahu Khairan merupakan doa. Karena itu, bisa menjawabnya dengan mengaminkan doa balasan  وجزاكم الله خيرا (Wajazakallahu Khairan) yang artinya adalah Dan semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan dan dan yang semisalnya.

Hal ini didasarkan hadits shahih yang diriwayatkan Imam An Nasa’i dan Ibnu Hibban, ketika Usaid bin Hudhair mewakili kaum Anshar berterima kasih kepada Rasulullah Saw dengan mengucapkan jazakallah khairan, Rasulullah lantas menjawabnya dengan ucapan:

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

“Dan kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.”

Dalam hadits lain disebutkan:

وَعَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ، فَقَالَ لِفَاعِلهِ : جَزَاكَ اللهُ خَيْراً ، فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ )) .

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, ‘Jazakallahu khairan (artinya: Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)’, maka sungguh ia telah sangat menyanjungnya.” (HR. Tirmidzi).

Wallahu A'lam

Artikel Asli