Intip Perjuangan Pratisia Kenalkan Tas Gempol

Gaya Hidup | inilah.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 02:07
Intip Perjuangan Pratisia Kenalkan Tas Gempol

Sukses tak memandang usia, baik itu muda maupun tua. Seperti halnya yang dilakukan Pratisia Kurniawati, pengusaha tas asal Gempol, Jawa Timur yang baru berusia 20-an.

Perempuan muda ini telah memiliki omzet miliaran per bulannya, bahkan sebelum menginjak 30 tahun.

Pratisia membagikan rahasianya untuk dapat mencapai omzet besar seperti dirinya. Dia mengatakan, pertama kita harus fokus terhadap bisnis yang  dijalankan. Kedua, harus tetap konsentrasi untuk kualitas produk, khususnya  jangka panjang.

"Kita juga  harus melakukan pelayanan terbaik ke customer agar tercipta hubungan kerja sama yang baik dan berkisanmbungan. Juga, mestii  mempersiapkan berbagai banyak jenis ekspedisi untuk membantu mereka mencari ekspedisi termurah hingga sampai ke lokasi pembeli. Proses packaging juga harus bagus agar produk yang kita packing sampai ke pelanggan itu keadaannya baik-baik saja,"ujarnya.

Bisnis Pratisia bergerak di bidang fashion, yakni produk tas dan dompet wanita. Dia juga merambah ke pembuatan souvenir salah satu brand kecantikan terbesar.

Sebelum memiliki omzet seperti saat ini, Pratisia memulai bisnis dengan menjadi reseller, ia mengambil produk dari produsen, kemudian menjualnya di pasar sebagai pedagang kaki lima. Hal itu dia lakukan setiap hari, bahkan hingga pukul 21.00 WIB, dia masih berada di pasar tersebut untuk menjajakan barang dagangannya.

"Akhirnya pada suatu waktu, aku coba untuk merekrut seorang penjahit, dan mencoba untuk produksi tas Gempol. Juga, memproduksi beberapa souvenir untuk brand kecantikan. Setelah dijalani dengan ketekunan dan kerja keras, tak terasa akhirnya kita mempunyai banyak pegawai, sekaligus dapatmembantu masyarakat sekitar untuk mencari pekerjaan untuk bekerja gabung sama tim grosir tas Gempol," ujarnya.

Menjelang  usia 30 tahun, rupanya masih ada beberapa target yang Prasitisia ingin capai. Salah satunya adalah memasukan industri produk fashion, kuliner dan kosmetik. Dia juga berencana untuk sesegera mungkin membuka cabang untuk penjualan tas Gempol brand yang dia kembangkan tersebut.

“Saya ingin membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan, terlebih di masa pandemi ini untuk membantu meringankan beban mereka untuk bekerja jadi salah satu tim di grosir tas Gempol,” ujar dia.

Menurutnya, jika ingin sukses maka harus berani mengambil risiko keluar dari zona nyaman, terutama untuk memperoleh peningkatan hidup yang lebih baik, dari situ maka akan didapatkan pengalaman hidup yang lebih bermanfaat.

"Kemudian, sosok seorang pengusaha itu harus kuat mental serta mampu mempersiapkan berbagai banyak strategi untuk usahanya, agar kelangsungan usahanya tidak hanya dalam waktu singkat, namun bisa berjalan untuk waktu yang panjang," dia membeberkan rahasia suksesnya.

Artikel Asli