Loading...
Loading…
Jangan Diskip! Ini 5 Bahaya Tak Pakai Sunscreen

Jangan Diskip! Ini 5 Bahaya Tak Pakai Sunscreen

Gaya Hidup | okemom.com | Sabtu, 15 Mei 2021 - 12:19

Memiliki kulit wajah yang sehat tentu menjadi impian semua orang. Namun, untuk mendapatkan semua itu, diperlukan beragam perawatan dengan sederet rangkaian skincare s alah satunya sunscreen .

S unscreen merupakan produk perawatan yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jangankan ketika berada di luar ruangan, di dalam rumah pun kita dianjurkan untuk tetap menggunakan sunscreen.

Lantas, apakah ada dampak buruk dan bahaya apabila kita malas menggunakan sunscreen ? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Munculnya flek hitam atau sunspot

Source: Freepik

Salah satu penyebab seseorang mengalami flek hitam ialah karena masalah menggunakan sunscreen . Pasalnya, apabila tak memakai sunscreen dalam jangka waktu yang panjang hanya akan menyebabkan munculnya bintik-bintik cokelat atau hitam pada wajah. Kondisi ini sering disebut sebagai sunspot .

Biasanya flek hitam muncul seiring bertambahnya usia. Jadi, bagi yang masih mengabaikan untuk tak menggunakan sunscreen hati-hati dengan dampak buruk jangka panjangnya, ya!

2. Meningkatkan risiko telangiektasis

Source: Freepik

Bahaya tak pakai sunscreen selanjutnya yang tak bisa dihindarkan apabila kita malas menggunakan sunscreen adalah meningkatnya risiko terkena telangiekstasis.

Telangiekstasis merupakan kondisi melebarnya pembuluh darah kecil yang berada di permukaan kulit.

Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya garis halus berwarna kemerahan dengan pola di permukaan kulit yang menyerupai jaring. Biasanya, telangiekstasis muncul di area kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti pipi dan area sekitar mata.

3. Memicu penuaan dini dan kerutan

Source: Freepik

Perlu diketahui, tidak memakai sunscreen hanya akan merusak kolagen dan jaringan di kulit yang dapat menyebabkan kurangnya elastisitas. Kurangnya elastisitas pada kulit ini lah yang memicu munculnya kerutan di wajah.

Memang, pada dasarnya seiring bertambah usia, kulit kita akan mengalami penuaan. Namun, kondisi penuaan bisa terjadi lebih cepat apabila kita tidak menggunakan rangkaian skincare yang benar, termasuk tidak menggunakan suncreen dalam jangka waktu yang panjang.

4. Risiko terkena luka bakar akibat paparan sinar matahari

Source: Freepik

Tak memakai sunscreen saat ke luar rumah bisa meningkatkan risiko kulit wajah terkena luka bakar. Pasalnya, apabila tidak memakai sunscreen dan cuaca sedang panas-panasnya, kulit akan menimbulkan reaksi kemerahan dan terkadang disertai dengan rasa sakit.

Pada kondisi terparah, kulit terbakar bisa menyebabkan benjolan kecil berisi cairan atau lepuhan yang lebih besar.

5. Meningkatkan risiko kanker kulit

Source: Freepik

Sinar ultraviolet matahari sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu UVA dan UVB. Kedua jenis ultraviolet ini memiliki efek bahaya masing-masing untuk kulit.

Sinar UVA dianggap sebagai sinar UV yang paling kuat bahkan bisa menembus awan serta kaca. Paparan sinar UVA yang masuk ke lapisan kulit dapat merusak DNA dan dapat memicu terjadinya kanker kulit.

Sedangkan UVB hanya mencapai bagian atas lapisan epidermis yang dapat menyebabkan warna kulit menggelap akibat terbakar.

Sekarang kita sudah tahu kan bahaya tak pakai sunscreen yang ternyata efek sampingnya akan dirasakan hingga jangka panjang.

Original Source

Topik Menarik