Tips Cepat Hamil di Usia 30 Tahun Keatas

glitzmedia.co | Gaya Hidup | Published at 07/05/2021 12:03
Tips Cepat Hamil di Usia 30 Tahun Keatas

Bagi kamu yang ingin memiliki momongan dan berusia di atas 30 tahun, simak artikel berikut ini.

Peluang perempuan untuk hamil setelah usia 30 tahun (30-34 tahun) setinggi 86 persen. Namun perlu diketahui, risiko keguguran juga meningkat hingga 20 persen. Dalam beberapa kasus, pasangan tidak memerlukan perawatan kesuburan di usia awal 30-an. Tetapi dokter menyarankan agar seorang perempuan tetap mengunjungi ginekolog untuk pemeriksaan saat merencanakan memiliki buah hati.

Dilansir dari parenting.firstcry.com, jika kamu berencana untuk hamil di usia akhira 30-an, harus tahu bahwa kemungkinan hamil pada usia 35 hingga 39 tahun cukup tinggi, tetapi masih lebih rendah daripada mereka yang berusia awal 30-an.

Berikut ini ada beberapa tips cepat hamil di usia 30 tahun keatas yang perlu kamu ketahui.

TIDAK KONSUMSI PIL KONTRASEPSI

Tips cepat hamil di usia 30 tahun keatas yang pertama adalah tidak mengonsumsi pil kontrasepsi. Jika kamu telah menggunakan pil kontrasepsi, gunakan penggunaannya selama beberapa bulan sebelum mulai mencoba untuk hamil.

(Foto: Freepik.com)

GAYA HIDUP

Tinggalkan gaya hidup yang tidak sehat jika ingin hamil di usia 30 tahun keatas. Hindari merokok dan minum alkohol saat mencoba hamil. Minta pasangan kamu juga untuk mengurangi hal tersebut, karena dapat menurunkan jumlah sperma pada laki-laki. Beberapa perubahan gaya hidup sangat diperlukan untuk kehamilan dan bayi yang sehat.

OLAHRAGA

Tips cepat hamil di usia 30 tahun keatas berikutnya adalah rutin olahraga. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bisa meningkatkan kebugaran sehingga mudah untuk hamil.

HINDARI STRES

Jika kamu mencoba hamil di usia 30 tahun keatas, sebaiknya kelola stres fisik dan mental. Karena beberapa faktor yang dapat meningkatkan stres bisa memengaruhi tubuh kamu. Lakukan meditasi untuk membantu menenangkan rasa gelisah atau cemas yang kamu rasakan.

KUNJUNGI DOKTER

Banyak ahli yang merekomendasikan untuk mengunjungi ginekolog sebelum mulai mencoba hamil untuk menyingkirkan penyakit kronis seperti asma atau diabetes. Setelah kehamilan, pemeriksaan rutin akan membantu memantau kesehatan kamu dan juga bayi.

HATI-HATI DENGAN OBAT

Jika kamu mengonsumsi obat untuk kondisi medis yang sudah ada, sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena banyak obat yang tidak sesuai dengan ibu hamil.

(Foto: Freepik.com/senivpetro)

POLA MAKAN SEHAT

Jangan lupa makan makanan sehat. Pastikan menu makanan kamu sehari-hari mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk kehamilan dan persalinan yang sehat. Makanlah buah-buahan segar, sayur, dan juga banyak minum air putih.

(Mondials Anindhita, foto: Freepik.com/wayhomestudio)
Artikel Asli