Tips Jaga Tubuh Tetap Sehat Saat Hari Raya Idul Fitri

trenasia | Gaya Hidup | Published at 07/05/2021 10:52
Tips Jaga Tubuh Tetap Sehat Saat Hari Raya Idul Fitri

JAKARTA - Tak terasa, bulan Ramadan akan berakhir. Untuk Anda yang muslim, pasti sudah menantikan momen kebahagiaan di Hari Raya Lebaran Idul Fitri tahun 2021 ini.

Setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa, pada Hari Raya Lebaran Idul Fitri tahun 2021 kita diperbolehkan untuk makan saat pagi dan siang hari. Tak jarang, banyak yang memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mengonsumsi berbagai macam masakan.

Namun, jika Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan saat lebaran, justru bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi banyak makanan padat energi diketahui dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sakit perut, kembung, berat badan bertambah dan kadar glukosa darah yang tinggi.

Agar tidak mengalami hal tersebut, Anda perlu mengetahui tips untuk menjaga tubuh tetap sehat saat Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2021 berikut ini.

Kontrol Porsi Makan Sebelum mengambil makanan, Anda harus berkomitmen hanya akan mengambil makanan yang Anda butuhkan. Hal ini membantu untuk mencegah makan secara berlebihan.

Usahakan untuk tidak menumpuk banyak makanan di piring agar Anda tidak merasa tertekan untuk harus menghabiskan semuanya.

Konsumsi Kurma Coba makan sedikit kurma sebelum mengonsumsi makanan manis lainnya. Cara ini diketahui dapat membantu tidak menimbulkan keinginan untuk makan secara berlebihan.

Tinggalkan Meja Makan Setelah Selesai Saat Anda selesai mengonsumsi hidangan saat Idul Fitri, segera tinggalkan meja makan agar Anda tidak tergoda untuk mencoba makanan yang lain.

Tetap Konsumsi Sayur Cara mengontrol nafsu makan saat Hari Raya Idul Fitri adalah dengan sering makan dalam porsi kecil. Selain itu, setiap porsi tersebut juga harus dilengkapi dengan sayuran.

Pantau Glukosa Darah Periksa kadar glukosa darah Anda lebih teratur. Perubahan rutinitas dan kebiasaan makan serta penyesuaian obat Anda setelah Ramadhan dapat menimbulkan dampak yang tidak terduga.

Minum Air Putih yang Cukup Minum air putih penting untuk mencegah dehidrasi setelah puasa berkepanjangan. Hal ini sangat penting terutama setelah makan makanan manis karena ginjal akan menggunakan air untuk mengeluarkan gula dari sistem. Usahakan minum satu cangkir air setiap jam.

Artikel Asli