Berapa Kenaikan Berat Badan yang Ideal pada Ibu Hamil?

herstory | Gaya Hidup | Published at 07/05/2021 07:45
Berapa Kenaikan Berat Badan yang Ideal pada Ibu Hamil?

Masa kehamilan adalah saat yang membahagiakan karena akan hadirnya buah cinta. Ketika hamil, wanita cenderung lebih memperhatikan kondisi tubuhnya serta mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Ternyata ketika sedang hamil juga perlu untuk mencapai berat badan yang sehat. Mengapa menambah berat badan yang sehat selama kehamilan itu penting?

Melansir laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) (7/5/2021) memiliki berat badan yang sesuai selama kehamilan membantu bayi agar tumbuh menjadi lebih sehat. Tetapi, kenaikan berat badan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi ibu dan juga sang jabang bayi.

Menurut tautan eksternal para ahli, menambah berat badan terlalu banyak selama kehamilan meningkatkan peluang ibu untuk mengembangkan diabetes gestasional (diabetes selama kehamilan) dan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Ini juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi di kemudian hari.

Jika kamu kelebihan berat badan atau mengalami obesitas saat hamil, peluang untuk mengalami masalah kesehatan mungkin lebih tinggi. Ibu juga berisiko untuk menjalani operasi caesar (C-section).

Menambah berat badan yang sehat membantu ibu lebih mudah hamil dan melahirkan. Ini juga dapat membantu memudahkan ibu untuk kembali ke berat badan normal setelah melahirkan.

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah kenaikan berat badan yang disarankan selama kehamilan juga dapat menurunkan kemungkinan ibu atau anak akan mengalami obesitas dan masalah terkait berat badan di kemudian hari.

Berapa berat badan normal yang harus dicapai selama kehamilan?

Berapa berat yang harus dicapai saat hamil tergantung pada indeks massa tubuh (BMI) sebelum kehamilan. BMI 18,5 berarti underweight, BMI 18,5 hingga 24,9 berarti normal, BMI 25 hingga 29,9 berarti kegemukan, BMI 30+ berarti obesitas.

Bicaralah dengan dokter kandunganmu tentang berapa banyak penambahan berat badan yang sesuai untukmu. Jangan mencoba menurunkan berat badan jika sedang hamil. Pasalnya janin di dalan kandungan perlu terpapar makanan sehat dan minuman rendah kalori terutama air agar bisa tumbuh dengan baik.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli