Loading...
Loading…
Alun-Alun Bandung, Wisata Instagramable di Tengah Rumput Luas

Alun-Alun Bandung, Wisata Instagramable di Tengah Rumput Luas

Gaya Hidup | inewsid | Rabu, 11 Maret 2020 - 13:50

JAKARTA, iNews.id - Alun-Alun Bandung menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai di akhir pekan. Apalagi sejak direvitalisasi, Alun-Alun Bandung terlihat lebih Instagramable.

Objek wisata yang berada di pusat Kota Bandung ini memiliki pemandangan berbeda dan lebih Instagramable. Tidak sedikit wisatawan yang datang bersama keluarga menikmati suasana Alun-Alun Bandung untuk berfoto-foto. Bahkan, di sini juga terdapat taman yang dipenuhi bunga dan tertata rapi.

Tempat utama dan selalu menarik perhatian wisatawan adalah wujud Alun-Alun Bandung yang berupa lapangan hijau luas. Lahan seluas 1.200 meter persegi tersebut dilapisi rumput sintetis dengan motif geometris yang indah jika dilihat dari atas.

Meski berbeda bentuk, fungsinya tetap sama, yaitu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk berkumpul dan bersantai. Rumput sintetis sengaja digunakan karena mempertimbangkan ketahanannya.

Siapapun yang ingin menginjaknya harus melepas alas kaki. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih nyaman dan leluasa untuk menikmati waktu santai atau rekreasinya di sini.

Alun-Alun Kota Bandung sudah mengalami perubahan dari sisi desain. Ada banyak fasilitas yang tersedia seperti toilet umum, taman bunga, parkir basement, tempat pedagang, ruang kaca, tempat olahraga, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :
8 Tempat Favorit Ngabuburit di Bandung, Banyak yang Gratis!

"Sejak di revitalisasi pada tahun 2014, sampai saat ini Alun-alun Bandung tak pernah sepi pengunjung. Baik wisatawan dari luar kota sampai wisatawan mancanegara, bahkan tidak sedikit Warga Lokal (WarLok) yang berkunjung kesana sekedar untuk foto-foto dan bermain bersama anak-anaknya. Disini juga para Wisatawan biasa beristirahat sambil melaksanakan ibadah shalat di Masjid Raya Bandung," tulis Instagram @badranayatravel, dikutip Rabu (11/3/2020).

Zaman dulu, Alun-Alun Bandung kerap digunakan masyarakat untuk berkumpul ketika mengadakan acara yang bersifat temporer. Kemudian Alun-Alun direnovasi menjadi lebih menarik untuk dikunjungi.

Di sisi utara, terdapat area bermain anak yang dilengkapi wahana permainan edukatif. Di sisi selatan dibangun taman dengan bangku-bangku.

Seluruh pengunjung diperbolehkan menikmati Alun-Alun Bandung sesuai keinginannya. Anda bisa bersantai, diskusi, bermain, berfoto, atau piknik. Namun, tetap patuhi aturan untuk menjaga kebersihan dan sarana-prasarana yang ada.

Baca Juga :
Rekomendasi 10 Tempat Wisata Cocok untuk Liburan Tahun Baru 2022

Setelah puas berwisata di Alun-Alun, Anda dapat menikmati tempat menarik lain di Bandung. Alun-Alun ini berada di pusat kota, maka Anda akan melihat berbagai arsitektur bangunan tua peninggalan zaman Belanda. Selain itu, traveler dapat berburu oleh-oleh atau berbelanja.

Alun-Alun Bandung bisa dikunjungi siapa saja tanpa perlu membayar tiket masuk. Terdapat biaya parkir bagi pengunjung yang memarkirkan kendaraan pribadinya di area parkir bawah tanah. Jika parkir di Menara Masjid, Anda hanya perlu membayar Rp7.000.

Alun-Alun Bandung terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Tempat ini paling ramai pada masa liburan, malam Minggu, dan akhir pekan. Disarankan datang pada pagi atau sore hari agar cuaca tidak terlalu panas untuk bersantai di lapangan.

Objek wisata Alun-Alun Bandung terletak di pusat Kota Bandung, diapit oleh Jalan Asia-Afrika dan Jalan Dalem Kaum. Lokasinya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Transportasi umum yang bisa dipilih di antaranya yaitu angkot Stasiun Hall Gede Bage, Kebon Kelapa Buah Batu, Elang Cicadas, dan Kebon Kelapa Elang. Mayoritas bus DAMRI juga berakhir di halte Alun-Alun Bandung. Bagaimana, tertarik menjelajahi Alun-Alun Bandung?

Original Source

Topik Menarik

{
{