Keutamaan Makan Sahur

Gaya Hidup | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 11:57
Keutamaan Makan Sahur

Oleh Ustadz Sudirman Lubis Lc (Rabu, 21/04/2021)

Masjid Al-Madinah Dompet Dhuafa

JAKARTA, iNews.id – Salah satu hal yang harus dilakukan ketika kita berpuasa adalah makan sahur. Rasulullah SAW menyampaikan kepada kita  bahwa sahur itu ternyata yang menjadi perbedaan antara seorang muslim dengan ahlul kitab. Oleh karenanya, kata Rasulullah SAW jangan sampai tidak makan sahur walaupun hanya satu butir telur dan segelas air. Sesungguhnya makan sahur itu benar-benar mendapat keberkahan.

Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

Allah SWT akan memberikan keberkahan kepada siapa pun yang makan sahur. Sebagian di antara kita mengatakan perut saya tidak enak, kembung, dan lain sebagainya, maka lebih baik saya tidak makan sahur.

Orang-orang seperti ini tidak akan mendapatkan keberkahan dari sahur itu sendiri. Karena Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk makan sahur. Karena sahur itu kata Rasul merupakan keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Waktu sahur adalah waktu yang mulia. Di mana orang-orang yang beriman dan bertakwa kata Allah SWT akan bangun di waktu sahur lalu bermunajat dan beribadah kepada Allah SWT karena sesungguhnya mereka akan mendapat keberkahan dari apa yang mereka lakukan.

Berikutnya, mengapa kita perlu makan sahur? Karena pada dasarnya makan sahur akan menguatkan fisik kita yang akan melaksanakan puasa selama sehari penuh. Maka dengan makan sahur dan minum satu sampai dua gelas air putih insya Allah kita tidak akan merasa lemas karena kita telah makan sahur untuk melaksanakanibadah puasa pada hari tersebut.

Oleh karena jangan sampai kita lupa dan tiadakan makan sahur, karena sahur kata Rasulullah SAW akan membawa keberkahan bagi yang menjalaninya.

Artikel Asli