10 Gejala Lengkap Anda Kekurangan Vitamin B12 dan Cara Menanganinya

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 11:36
10 Gejala Lengkap Anda Kekurangan Vitamin B12 dan Cara Menanganinya

Bisnis.com, JAKARTA-- Gejala kekurangan vitamin B12 cenderung berkembang sangat lambat, dan sulit dikenali. Bahkan, tanpa disadari mungkin Anda telah mengalaminya.

Kondisi umum yang harus di waspadai dari kekurangan vitamin B12 adalah pada cara seseorang berjalan atau penglihatan yang fungsinya berkurang.

Gejala lain ialah sariawan yang tidak kunjung sembuh, lidah bengkak, borok terus-menerus, mudah tersinggung, dan kesemutan.

Melansir dari express, vitamin B12 adalah jenis vitamin yang larut dalam air yang sangat penting untuk fungsi tubuh secara keseluruhan.

Jika seseorang tidak mendapatkan cukup vitamin B12 akan mulai timbul beberapa gejala yang terlihat, seperti sakit lidah dan mudah tersinggung.

Vitamin B12 digunakan tubuh untuk membuat sel darah merah dan DNA. Tetapi tubuh tidak secara alami memproduksi B12, seperti yang dilakukan untuk vitamin D.Jadi, penting bagi untuk mendapatkan cukup vitamin B12 dalam makanan harian.

Jika mulai melihat beberapa gejala utamanya, ini tidak boleh di abaikan.

Berikut 10 tanda gejala kekurangan vitamin B12 :

1. Semburat kuning pucat pada kulit 2. Lidah sakit dan merah (glositis)3. Sariawan4. Mati rasa pada tubuh (paresthesia)5. Perubahan cara berjalan dan bergerak6. Penglihatan terganggu7. Sifat mudah marah8. Depresi9. Perubahan cara berpikir, cara merasa, dan berperilaku10. Penurunan kemampuan mental, seperti ingatan, pemahaman, dan penilaian (demensia)

"Temui dokter umum jika Anda mengalami gejala vitamin B12 atau anemia defisiensi folat, "kata NHS.

Kondisi tersebut seringkali dapat didiagnosis berdasarkan gejala Anda dan hasil tes darah.Sangat penting untuk vitamin B12 atau anemia defisiensi folat untuk didiagnosis dan diobati secepat mungkin.

Meskipun banyak gejala membaik dengan pengobatan, namunbeberapa masalah yang disebabkan oleh kondisi tersebut dapat disembuhkan jika tidak ditangani.

Sumber terbaik vitamin B12 adalah makanan hewani, atau beberapa produk yang telah diperkaya dengan vitamin tersebut.

Produk susu, telur, ikan, daging, dan unggas semuanya kaya vitamin B12. Maka dari itu, vegetarian paling berisiko mengalami defisiensi vitamin B12.

Mengkonsumsi suplemen B12 adalah cara mudah untuk mengobati kekurangan tersebut.

Artikel Asli