7 Rahasia Cara Menjaga Ginjal Sehat

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 11:04
7 Rahasia Cara Menjaga Ginjal Sehat

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi kesehatan ginjal sangat tergantung dengan tekanan darah tinggi, diabetes hingga riwayat keluarga dengan gagal ginjal.

Banyak orang yang mengira minum air putih banyak-banyak, bisa membuat ginjal menjadi sehat. Namun, hal tersebut salah.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal saat ini. Berikut cara untuk menjaga kesehatn ginjal:

1. Hidrasi, tapi jangan berlebihan

Ahli nefrologi James Simon mengungkapkan bahwa tidak ada penelitian yang membuktikan hidrasi berlebihan sebagai praktik yang efektif dalam meningkatkan fungsi ginjal.

Jadi, meskipun minum cukup air adalah ide yang bagus, meminum lebih dari empat hingga enam gelas sehari mungkin tidak akan membantu ginjal Anda melakukan tugasnya lebih baik.

2. Makan makanan sehat

Simon menunjukkan bahwa sebagian besar masalah ginjal muncul dari kondisi medis lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Mengikuti kebiasaan makan yang sehat untuk mengontrol berat badan dan tekanan darah. Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi akan membantu menjaga ginjal dalam kondisi baik.

3. Berolahragalah secara teratur

Seperti makan makanan yang seimbang, aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah kenaikan berat badan dan tekanan darah tinggi.

Saat berolahraga, jangan terlalu memaksakan diri, karena itu bisa menyebabkan masalah serius, terutama jika Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung

4. Berhati-hatilah dengan suplemen dan pengobatan herbal

Suplemen vitamin tertentu dalam jumlah yang berlebihan dan beberapa ekstrak herbal mungkin berbahaya bagi ginjal Anda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang vitamin dan herbal yang Anda rencanakan untuk dikonsumsi.

5. Berhenti merokok dan vaping

Merokok dapat merusak pembuluh darah, yang menurunkan aliran darah di ginjal. Jika ginjal tidak memiliki aliran darah yang memadai, ginjal tidak dapat berfungsi pada tingkat yang optimal.

Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal. Meskipun vaping tidak membuat seseorang terpapar banyak racun dalam asap tembakau, nikotin masih sangat membuat ketagihan dan keras bagi tubuh, kata Dr. Simon. Plus, ada banyak bahan kimia dalam larutan vaping.

6. Jangan berlebihan dengan obat bebas

Pil non-resep umum seperti ibuprofen dan naproxen (NSAID) dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika diminum terlalu teratur dalam waktu lama. Jika Anda memiliki ginjal yang sehat dan menggunakan obat-obatan ini untuk nyeri sesekali, kemungkinan tidak menimbulkan risiko.

7. Jika Anda berisiko, lakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara teratur

"Jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit kardiovaskular, dokter Anda harus memeriksa disfungsi ginjal sebagai bagian dari perawatan rutin untuk kondisi tersebut," kata Dr. Simon.

Artikel Asli