7 Cara Hilangkan Rasa Kesepian

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 10:56
7 Cara Hilangkan Rasa Kesepian

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda merasa kesepian, terlebih di tengah pandemi ini? Jangan terlalu lama terlarut dalam kesepian itu karena dapat berdampak bukan hanya secara psikologis namun juga fisik seperti melemahnya imunitas tubuh.

Ketika merasa tidak mungkin untuk melepaskan diri dari rasa kesepian, cobalah 7 tips berikut ini :

1. Ubah namanya

Memberikan pemahaman yang berbeda tentang apa artinya menyendiri terkadang dapat mempermudah Anda untuk menavigasi perasaan kesepian.

Kesepian terjadi ketika Anda menjadi terisolasi dan kebutuhan akan interaksi sosial dan hubungan antarmanusia tidak terpenuhi. Jika Anda terbiasa menghabiskan sebagian besar malam dengan teman dan orang yang Anda cintai, Anda mungkin merasa kesepian hanya dengan satu kali interaksi per minggu.

Cobalah ubah pemahaman dengan jika Anda lebih suka sendirian, Anda mungkin merasa sangat puas dengan bertemu mereka satu kali seminggu.

Kebanyakan orang membutuhkan interaksi agar bisa berkembang. Abraham Maslow, seorang psikolog humanistik menganggap kebutuhan ini begitu penting sehingga ia memasukkan cinta dan rasa memiliki di samping hal-hal seperti makanan dan tempat tinggal dalam hierarki kebutuhan dasar manusia.

Meskipun demikian, jumlah kesendirian atau waktu menyendiri yang berkualitas juga penting. Kesendirian menciptakan peluang untuk penemuan diri, pemikiran kreatif, dan refleksi diri. Waktu sendiri juga dapat membuka pintu ke perhatian yang lebih besar, yang dapat meningkatkan kesadaran emosional dan membuat ekspresi otentik lebih mudah dalam semua hubungan, termasuk yang Anda miliki dengan diri Anda sendiri.

Apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan, menemukan cara untuk memanfaatkan waktu sendiri dapat membantu Anda bersandar pada kesendirian dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

2. Setel musik

Saat Anda merasakan ruang hampa kesepian yang luas mulai menekan dari semua sisi, kekuatan suara dapat mendorongnya kembali.

Suara membantu mengisi ruang di lingkungan dan pikiran Anda, membuatnya tidak terlalu berlebihan. Sebagai contoh musik dapat meningkatkan suasana hati dan memotivasi Anda. Podcast dan radio bicara menginformasikan dan menghibur, suasana percakapan mereka juga dapat menciptakan rasa keterhubungan.

Acara TV atau film favorit dapat memecah kesunyian dengan cara yang nyaman, bahkan jika Anda tidak duduk dan menonton sepenuhnya. Atau, buka jendela untuk mendengar burung dan orang yang lewat dapat membantu Anda merasa lebih terhubung dengan dunia yang lebih luas.

3. Tetap terhubung

Pandemi menyebabkan silaturahmi menjadi terbatas. Kerinduan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman pun memuncak.

Walaupun tidak bisa bertemu langsung, cobalah tetap terhubung dengan mereka. Ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya dengan telepon atau video telepon untuk mengobrol serta melihat wajah mereka. Telepon 10 menit bahkan dapat membantu meredakan kesepian untuk Anda dan mereka.

4. Bagikan emosi dan pengalaman pribadi

Ajukan pertanyaan, dan dengarkan baik-baik apa yang dikatakan orang yang Anda cintai. Bicarakan tentang hal-hal yang penting seperti pekerjaan, proyek kreatif, minat bersama.

Sulit untuk sepenuhnya menghindari pembicaraan tentang peristiwa terkini, dan Anda mungkin ingin terus mendapat informasi tentang apa yang sedang terjadi di dunia. Meski begitu, ini dapat membantu untuk memusatkan percakapan Anda pada hal-hal yang membuat Anda berdua bahagia daripada terus-menerus memikirkan berita yang menyedihkan.

5. Pergi ke luar

Perubahan lingkungan dapat mengalihkan perhatian Anda dan membantu menghilangkan rasa sakit kesepian.

Mungkin Anda belum bisa bekerja di kantor, menikmati makan siang bersama teman, atau menghabiskan malam berbincang dengan orang terkasih di kafe pada malam hari, tetapi keluar dari rumah, berjalan-jalan sendiri dapat mengingatkan bahwa Anda tidak sendirian di dunia ini.

Waktu di alam juga dapat membantu meringankan tekanan emosional dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berjalan-jalanlah di sekitar lingkungan rumah Anda. Jelajahi jalan yang belum pernah Anda kunjungi dan sapa tetangga saat melintas di depan rumahnya atau berpapasan di jalan.

Bepergian dengan berjalan kaki atau bersepeda juga dapat membuat Anda lelah dan tidur nyenyak. Penelitian dari 2010Trusted Source menunjukkan kesepian dapat memengaruhi kualitas tidur Anda, tetapi efeknya tidak berhenti di situ. Tidur yang buruk dapat memengaruhi fungsi siang hari, yang pada gilirannya dapat meningkatkan rasa terasing Anda.

6. Pelihara hewan

Penelitian yang pernah dirilis pada 2018 lalu menunjukkan memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Hewan peliharaan mungkin tidak dapat berbicara, tetapi mereka suka berteman.

Kehadiran makhluk hidup lain dapat menghibur Anda, dan kejenakaan mereka dapat membantu mengangkat semangat Anda dan menghilangkan stres, seperti yang dapat dikonfirmasi oleh ribuan video hewan peliharaan di internet.

Meskipun hewan peliharaan umumnya adalah kucing dan anjing, banyak orang menemukan bahwa burung, ikan, dan hewan kecil lainnya juga merupakan hewan peliharaan yang hebat. Pastikan untuk melihat jenis perawatan yang dibutuhkan hewan peliharaan sebelum membawanya pulang.

7. Bicarakan tentang perasaan Anda

Emosi cenderung berkumpul di bawah permukaan dan meningkat ketika tidak disadari. Namun, mengungkapkan perasaan Anda dengan lantang sering kali dapat membantu mengurangi kekuatan mereka untuk menyebabkan tekanan.

Memberi tahu orang yang Anda cintai bahwa Anda merasa kesepian dapat mempermudah Anda mendapatkan dukungan emosional yang membantu melonggarkan cengkeraman kesepian.

Membicarakan tentang emosi yang sulit juga dapat membantu memberdayakan orang yang Anda cintai untuk berbagi perasaan yang mereka hadapi, sehingga memungkinkan untuk mengeksplorasi strategi untuk mengatasinya bersama.

Berbagi emosi yang menyakitkan atau tidak diinginkan dengan orang lain bisa terasa sulit, terutama jika Anda tidak terbiasa membicarakan perasaan Anda. Oleh karena itu, solusi lainnya adalah dengan menulis jurnal.

Artikel Asli