8 Manfaat Rutin Makan Kurma saat Sahur dan Buka Puasa

Gaya Hidup | okezone | Published at Kamis, 22 April 2021 - 10:06
8 Manfaat Rutin Makan Kurma saat Sahur dan Buka Puasa

KURMA merupakan buah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam untuk dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Rasa kurma yang manis dapat membuat energi tubuh meningkat.

Rutin mengonsumsi kurma saat bulan puasa ternyata bagus untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat itu? Ini daftarnya, seperti dirangkum dari laman Dailysabah , Kamis (22/4/2021).

1. Membuat lebih cepat kenyang

Kurma merupakan buah yang tinggi kandungan serat. Kandungan serat ini dapat menarik air dan meningkatkan fluiditas isi perut, sehingga memperlambat munculnya rasa lapar pada perut serta memberikan rasa kenyang. Dengan ini, kurma sangat cocok dikonsumsi saat sahur.

2. Membentuk kekebalan tubuh

Kurma mengandung beta-glukannya yang merupakan polisakarida, jenis karbohidrat yang lebih baik dan lebih kompleks. Kurma juga mengandung senyawa fenolik dan karotenoid dalam jumlah tinggi yang baik untuk melawan kanker yang hebat. Lalu mengandung vitamin yang berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh karena efek antimikroba dan sifat antioksidannya.

3. Mengurangi rasa ingin mengonsumsi gula

Dengan rasa yang khas dan kaya manis, kurma bisa menjadi pilihan tepat untuk semua kebutuhan makanan penutup serta sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pengganti gula.

4. Mencegah sembelit

Kurma yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk pencernaan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat makanan dapat meningkatkan volume tinja dan mempersingkat waktu transit usus, sehingga dapat membantu mencegah sembelit. Di bulan Ramadhan, kandungan serat yang kaya pada kurma bagus untuk membantu pencernaan.

'
Artikel Asli