Tips Mengakali Kolang-Kaling Agar Tidak Asam dan Berlendir

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 22 April 2021 - 09:37
Tips Mengakali Kolang-Kaling Agar Tidak Asam dan Berlendir

Selama bulan Ramadha, kolang-kaling menjadi salah satu makanan yang paling dicari. Biasanya kolang-kaling bisa ditambahkan di hidangan kolak ataupun campuran es.

Namun, terkadang kolang-kaling terasa asam dan berlendir. Apabila terasa asam hidangan apapun akan terasa jadi kurang sedap. Agar kolang-kaling tidak asam, ada tips yang bisa dicoba. Berikut tips-tipsnya:

  1. Dicuci di bawah air mengalir

Salah satu penyebab kolang-kaling terasa asam adalah karena direndam terlalu lama. Maka dari itu, Anda perlu mencuci kolang-kaling di bawah air mengalir secara berkali-kali agar lendirnya juga hilang. Setelah dipastikan bersih, kolang-kaling bisa ditiriskan dan siap untuk diolah.

  1. Rendam di air bekas cucian beras

Banyak dipercaya bisa menghilangkan asam dan lendir di kolang-kaling, mungkin Anda bisa mencobanya di rumah. Rendam kolang-kaling dalam air bekas cucian beras selama kurang lebih 30 menit hingga satu jam. Apabila sudah muncul gelembung-gelembung keruh di permukaan air, Anda bisa mencuci kembali kolang-kaling dengan bersih.

  1. Direbus dengan daun jeruk atau daun pandan

Anda bisa merebus kolang-kaling dengan daun pandan atau daun jeruk untuk mendapatkan aroma tersendiri. Daun pandan atau daun jeruk sendiri dipercaya efektif membuat rasa asam di kolang-kaling hilang.

  1. Rebus kolang-kaling dengan air gula

Anda bisa merebus kolang-kaling dengan ditambahkan air gula apabila direbus dengan air biasa tidak bisa menghilangkan rasa asam dan lendir di kolang-kaling. Hasilnya, kolang-kaling akan memiliki rasa yang lebih legit, sehingga saat Anda ingin mengolah kolang-kaling lebih lanjut, Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak gula lagi.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa asam dan lendir kolang-kaling. Semoga infonya bermanfaat ya.

Artikel Asli