Khasiat Lavender Oil yang Lebih dari Sekadar Obat Anti Nyamuk

Gaya Hidup | tabloidbintang | Published at Kamis, 22 April 2021 - 00:10
Khasiat Lavender Oil yang Lebih dari Sekadar Obat Anti Nyamuk

Satu hal yang sejak lama kita ketahui, wangi lavender tidak disukai nyamuk. Oleh sebab itu kita sering memanfaatkan beragam produk beraroma lavender, bahkan tanaman bunganya langsung, untuk mengusir nyamuk. Namun tahukah Anda, lavender, terutama produk oilnya, memiliki khasiat lebih dari yang dibayangkan. Bahkan bisa bikin wajah glowing, lo!

Dilansir dari Pure Wow , berikut ini beberapa khasiat lavender oil yang tidak banyak diketahui sebelumnya.

1. Meredakan kecemasan

Aroma lavender bisa meningkatkan mood dan menurunkan stres. Terbukti meredakan ketegangan para pasien di klinik gigi dan ibu-ibu yang baru melahirkan. Cara menggunakannya, campur beberapa tetes minyak lavender dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu oleskan di belakang telinga, kening, atau pergelangan tangan.

2. Menyembuhkan insomnia

Mereka yang memiliki gangguan tidur insomnia juga bisa terbantu dengan aroma lavender. Studi mengungkap aroma lavender bisa meredakan ketegangan. Cara menggunakannya, campur beberapa tetes minyak lavender dengan minyak kelapa atau zaitun, lalu oleskan pada pergelangan, telapak, dan tumit kaki sebelum pergi tidur.

3. Mengatasi jerawat

Minyak lavender mengandung antibakterial yang bisa membantu mengatasi jerawat dan meredakan peradangan. Cara menggunakannya, campur beberapa tetes minyak lavender dengan minyak argan atau minyak kelapa, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat setelah sebelumnya dibersihkan.

4. Membantu memudarkan dark spot dan bekas luka

Minyak lavender ternyata memiliki kandungan linalyl acetate yang berkhasiat memperbaiki kulit dari kerusakan. Minyak lavender juga mempercepat sembuhnya luka. Cara menggunakannya, campur beberapa tetes minyak lavender dengan sari delima, lalu usap pada bagian kulit yang membutuhkan perawatan menggunakan kapas.

5. Memperlambat munculnya kerutan dan garis-garis penuaan

Jika digunakan secara teratur, minyak lavender dengan kandungan antioksidannya akan membantu merawat kesehatan kulit dan mencegahnya dari penuaan dini. Cara menggunakannya, campur beberapa tetes minyak lavender dengan minyak kelapa, lalu oleskan tipis-tipis pada wajah dan biarkan semalaman seperti krim malam.

Terkait aturan pakai, sebetulnya penggunaan minyak lavender tidak dianjurkan secara berlebihan setiap harinya. Jadi selalu pastikan hanya menggunakannya beberapa tetes saja setiap harinya, dan disiplinlah soal itu.

Artikel Asli