Loading...
Loading…
Bolehkah Minum Kopi Saat Puasa? Ini Penjelasannya

Bolehkah Minum Kopi Saat Puasa? Ini Penjelasannya

Gaya Hidup | trenasia | Selasa, 20 April 2021 - 04:32

JAKARTA - Bagi sebagian orang, minum secangkir kopi pada saat pagi hari merupakan rutinitas yang meningkatkan semangat untuk mengawali hari. Meski begitu, saat puasa di bulan Ramadan ini banyak anjuran untuk menghindari konsumsi kopi.

Hal ini mungkin disebabkan karena kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik, yang membuat Anda menjadi sering buang air kecil. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan menyebabkan Anda mengalami dehidrasi karena terlalu banyak cairan tubuh yang harus dibuang.

Meski begitu, dikutip dari laman Mvslim, penelitian menunjukkan bahwa kafein memiliki efek diuretik ringan, dan tampaknya bersifat sementara dan tidak mungkin bagi mereka yang terbiasa mengonsumsi kafein. Jadi, Institute of Medicine menyimpulkan bahwa minuman berkafein dapat dihitung dalam asupan air harian Anda.

Namun, jika Anda ingin mengurangi konsumsi kopi ketika bulan Ramadan ini, ada tips dan caranya yang telah dirangkum berikut ini.

Mulailah meminum kopi menggunakan cangkir yang lebih kecil. Jika Anda minum lebih dari satu cangkir kopi atau teh sehari, mulailah dengan mengurangi setengah cangkir, lalu satu cangkir penuh, dan seterusnya. Kemudian, seduh teh atau kopi Anda dalam waktu yang lebih singkat.Cobalah minuman dengan sedikit atau tanpa kafein seperti teh hijau, teh herbal, dan sebagainya.

Original Source

Topik Menarik