Daftar Orang yang Boleh Mudik Lebaran, Termasuk ASN?

okezone | Gaya Hidup | Published at 10/04/2021 13:45
Daftar Orang yang Boleh Mudik Lebaran, Termasuk ASN?

MASYARAKAT dilarang mudik pada 6-17 Mei 2021. Namun ada pengecualian bagi masyarakat yang menghadapi situasi darurat atau sekadar dinas keluar kota saat Idul Fitri 2021.

Dilansir dari BNPB, pengaturan terkait perjalanan orang dalam negeri maupun perjalanan internasional dalam masa pandemi tetap berlaku selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021. Diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2021 (Covid-19).

Dijelaskan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, ada beberapa kelompok masyarakat yang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Saat bepergian, tentu harus membawa SIKM dan surat hasil negatif Covid-19 baik swab antigen, PCR maupun GeNose C19

"Pertama, terhadap masyarakat yang melakukan kunjungan terhadap keluarga sakit. Kedua bagi masyarakat yang melakukan kunjungan duka atas anggota keluarga yang meninggal," kata Budi.

Ketiga adalah perjalanan ibu hamil dengan 1 orang pendamping. Untuk kepentingan melahirkan maksimal 2 orang pendamping. Terakhir adalah layanan kesehatan yang darurat.

"Lalu ada pengecualian bagi masyarakat yang boleh melakukan perjalanan yaitu yang bekerja atau perjalanan dinas untuk ASN, pegawai BUMN, pegawai BUMD, TNI/Polri, pegawai swasta yang dilengkapi dengan surat tugas dengan tanda tangan dan cap basah dari pimpinannya," jelas Budi

'

Artikel Asli