Bolehkah Kulit Cacar Air Ditaburi Bedak? Ini Jawaban Dokter

okezone | Gaya Hidup | Published at 08/04/2021 14:15
Bolehkah Kulit Cacar Air Ditaburi Bedak? Ini Jawaban Dokter

BANYAK sekali rumor yang beredar di masyarakat terkait sakit cacar air. Salah satu yang cukup banyak dipercaya adalah luka kulit akibat cacar air bisa sembuh jika ditaburi bedak. Apakah Anda termasuk yang percaya dengan hal tersebut?

Bedak tabur dianggap bisa mengobati cacar air. Rasa gatal yang kerap muncul dari luka-luka di kulit akibat cacar air dianggap bisa diredam dengan bedak tabur.

Lantas, benarkah pemahaman ini?

Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin Anthony Handoko SpKK FINSDV menerangkan bahwa pemahaman tersebut sangat keliru. "Bedak tabur tidak bisa mengobati cacar," tegasnya dalam webinar kesehatan, Kamis (8/4/2021).

Kepercayaan menaburi bedak di kulit yang sedang cacar dapat menyembuhkan penyakitnya ternyata mitos, jadi jangan percaya lagi. Meski begitu, dr Anthony coba menerangkan mengapa hal ini bisa beredar luas di masyarakat.

Ia menerangkan, jika membahas bedak tabur, maka akan ditemukan kandungan tertentu yang memberikan sensasi dingin dan menyejukkan.

"Ini yang kemudian dianggap menyembuhkan luka cacar yang terasa sangat gatal dan perih. Kalau bedak tabur bisa mengurangi rasa gatal, itu benar. Tapi kalau mengobati, itu sangat keliru," jelasnya.

Artikel Asli