Wisatawan dari 3 Negara Ini Sudah Ngebet Pelesiran ke Luar Negeri

Gaya Hidup | okezone | Published at Senin, 05 April 2021 - 13:05
Wisatawan dari 3 Negara Ini Sudah Ngebet Pelesiran ke Luar Negeri

PANDEMI Covid-19 yang belum kunjung lenyap membuat segala aktivitas perjalanan menjadi serba terbatas. Meski begitu, animo perjalanan internasional tetap ada. Setidaknya hal itulah yang terlihat dari survei yang dilakukan platform perjalanan digital, Agoda.

Menurut survei Agoda, terdapat wisatawan dari tiga negara yang rupanya sudah ngebet untuk melakukan perjalanan internasional ke negara lain.

"Wisatawan dari negara-negara ini mengikuti optimisme pulihnya perjalanan internasional (yaitu) turis dari China, Taiwan, dan Singapura. Hanya Malaysia, Filipina dan Thailand yang tidak menunjukkan adanya pencarian destinasi internasional dalam 30 pencarian teratas, baik pada bulan Desember 2020, maupun Maret 2021," ucap CEO Agoda, John Brown.

Thailand dan Filipina kata John, seringkali muncul sebagai destinasi tujuan, dan Bangkok berada di urutan keenam dalam daftar 30 pencarian teratas di 11 negara asal.

Dari 30 pencarian destinasi teratas oleh wisatawan Indonesia, bulan Maret 2021 mencatatkan satu destinasi internasional, dibandingkan 0 pada bulan Desember 2020.

Tempat yang masuk dalam pencarian destinasi internasional teratas adalah Genting Highlands, sementara tempat yang masuk pencarian destinasi domestik teratas adalah Bandung, Jakarta, Bali, Yogyakarta, Puncak.

(Foto: Sygic Travel)

Bersamaan dengan pencarian ini, data Agoda menunjukkan bahwa pola pemesanan mulai bergerak menuju normal dan kembali ke tren pra Covid-19. Terutama karena indikasi perilaku seperti lead time dan harga sempat anjlok drastis selama musim semi dan musim panas, namun kali ini mengalami penurunan yang tidak terlalu tajam.

“Tentu saja ada alasan bagi industri perjalanan di Asia untuk mulai merasa lebih optimis, dan vaksin adalah hal yang sangat penting untuk pemulihan sepenuhnya. Selain itu, inisiatif program subsidi pemerintah seperti TTgother di Thailand atau GoTo Japan telah berhasil memanfaatkan permintaan perjalanan dan mendukung penyedia akomodasi domestik," terangnya.

"Data pencarian Agoda menunjukkan bahwa wisatawan menantikan kembalinya perjalanan internasional dengan dukungan pelaksanaan vaksinasi. Namun, ada hal-hal lain yang harus dilakukan,” tambah John.

Menurut dia, pelaksanaan vaksin di Asia sedang dimulai, tetapi kecepatan di seluruh wilayah bervariasi. Beberapa negara seperti Singapura akan divaksinasi penuh tahun ini, sementara negara-negara lain seperti Jepang, Thailand dan Vietnam baru mendapat vaksin total hingga tahun 2022.

Artikel Asli