Studi: Hanya 13% Pengguna Masker Kain Mencucinya dengan Benar

Gaya Hidup | okezone | Published at Senin, 05 April 2021 - 10:01
Studi: Hanya 13% Pengguna Masker Kain Mencucinya dengan Benar

APAKAH Anda termasuk pengguna masker kain yang rutin dibandingkan masker medis atau masker respirator (N95 atau KN95)? Sudahkah Anda mencuci dengan benar masker kain yang kerap dipakai tersebut?

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan YouGov di Inggris mencatat bahwa belum banyak orang peduli dengan pentingnya mencuci masker kain. Padahal, mereka suka menggunakan masker tersebut karena terlihat lebih keren dan fashionable.

Ya, hanya 13 persen orang yang menggunakan masker kain mencucinya dengan cara yang benar. Hanya sepertiga orang mencuci masker setelah digunakan.

"Bahkan, hanya 41 persen yang mencucinya dengan air bersuhu 60 derajat Celsius atau lebih, karena suhu normal tidak membunuh virus seperti SARS-CoV2, menurut penelitian yang sudah dilakukan," terang laporan yang diterbitkan laman HuffPost belum lama ini.

Roger Henderson, dokter umum senior di Inggris, sangat serius melihat fenomena ini. Pasalnya, masker kain yang salah dalam pencuciannya justru bisa menimbulkan masalah baru. Apalagi yang jarang sekali dicuci atau dipakai dua kali.

"Masker kain tidak efektif lagi fungsinya jika tidak dicuci dengan benar," tegas dr Henderson.

Bukan hanya soal mencuci, kebiasaan meletakkan masker kain pun menjadi masalah baru. "Ya, jika Anda meletakkannya di sembarang tempat saat makan misalnya, atau menaruhnya di saku, kemungkinan besar masker kain tersebut terpapar bakteri lain dan berpotensi berbahaya menyebar saat Anda menggunakannya lagi," ungkapnya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar Anda memiliki semacam tempat khusus meletakkan masker kain supaya tidak ditaruh di saku atau sembarang tempat saat melepaskannya.

Artikel Asli