Wajib Tahu, Sejarah Popcorn Jadi Makanan Favorit di Bioskop

Gaya Hidup | okezone | Published at Senin, 05 April 2021 - 05:24
Wajib Tahu, Sejarah Popcorn Jadi Makanan Favorit di Bioskop

MENONTON film di bioskop kurang lengkap rasanya tanpa memakan popcorn. Penganan dari biji jagung ini bisa membuat aktivitas melihat film jadi lebih berkesan. Tapi sejak kapan sih popcorn jadi makanan favorit di bioskop?

Sebagaimana dilansir laman Mentalfloss, popcorn sudah ada di pameran dan karnaval pada pertengahan 1800-an. Saat itu para pedagang kaki lima membuat dan menjual popcorn dengan mengandalkan mesin pembuat bertenaga uap yang pertama kali diciptakan pada 1885.

Kemudian pada 1927, film-film talkie tidak lagi hanya ditujukan bagi penonton berstatus bangsawan. Pergi ke bioskop adalah hal yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Ini juga bertepatan dengan peristiwa "depresi hebat" dan orang Amerika butuh hiburan murah.

Awalnya teater bioskop tidak menyediakan mesin popcorn. Sejumlah pedagang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual popcorn langsung kepada konsumen. Biji jagung yang murah selaras dengan harga jual popcorn membuat banyak orang meminati makanan ini.

Tidak hanya pengunjung, mereka juga menjual popcorn kepada orang-orang di luar teater untuk memungkinkan penghasilan berkali lipat. Melihat kondisi ini, pemilik bioskop kemudian melarang pedagang kaki lima menjual popcorn secara mandiri.

Pihak bioskop mulai menyediakan tempat penjualan popcorn mereka sendiri. Bahkan seorang pemilik teater menurunkan harga tiket untuk mendorong orang datang membeli camilan tersebut.

Selama Perang Dunia II, penjualan popcorn di Amerika benar-benar melonjak. Popularitas popcorn terus meningkat dan bertahan sampai sekarang.

Artikel Asli