Berdasarkan Isiannya, Ini 5 Jenis Kue Bulan yang Paling Populer

Food | limapagi.id | Published at Selasa, 21 September 2021 - 14:30
Berdasarkan Isiannya, Ini 5 Jenis Kue Bulan yang Paling Populer

LIMAPAGI - Kue bulan adalah makanan penutup tradisional yang biasa disajikan saat Festival Musim Gugur di Tiongkok. Ini adalah festival penting kedua setelah Imlek.

Ada banyak kisah awal mula hadirnya kue bulan. Konon, ada yang bercerita mengenai dewi bulan yang membuat kue ini sehingga orang menyebutkan kue bulan.

Apapun kisah awal mulanya, masyarakat Tionghoa sering memberikan kue bulan sebagai hadiah saat mengunjungi teman dan keluarga saat festival tersebut.

Kue bulan memiliki varian rasa. Bahan pembuatnya yang berbeda, terutama isiannya, membuat kue bulan hadir dalam berbagai varian.

Melansir dari TravelChinaGuide , Selasa, 21 September 2021, ini 5 jenis kue bulan yang paling populer.

1. Wuren Mooncake

(Instagram/@a.la.rice) Wuren Mooncake

Wuren secara harfiah berarti lima jenis kacang atau biji-bijian. Sesuai namanya, kue bulan ini memiliki isian berupa lima jenis kacang yang berbeda. Bisa kacang kenari, almond, wijen, biji melon, hawthorn, kacang merah, dan sebagainya.

Wuren Mooncake adalah rasa kue bulan yang paling khas dan populer di China. Pasalnya, seseorang akan mendapatkan rasa yang berbeda setiap gigitannya. Kebanyakan orang tua di China yang paling menyukai kue bulan jenis ini.

2. Kue bulan kacang merah

(Instagram/@sawmelanie) Kue bulan kacang merah

Kue bulan kacang merah menjadi jenis klasik yang disukai banyak orang. Jenis ini diisi dengan pasta kacang merah yang manis, kemudian dikombinasikan dengan kulit luarnya. Ini membuat kue bulan kacang merah memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang kaya.

3. Kue bulan teratai putih

(Instagram/@de.millie) Kue bulan teratai putih

Kue bulan teratai putih atau white lotus mooncake adalah varian kue bulan yang terkenal asal Kanton, kemudian populer di seluruh China bahkan di luar negeri. Pasta biji teratai ini dianggap sebagai isian kue bulan paling mewah.

4. Kue bulan kuning telur

(Instagram/@adelaides_bakes) Kue bulan kuning telur

Sesuai dengan namanya, isian dari kue bulan jenis ini adalah kuning telur asin yang padat. Rasanya yang unik membuat kue bulan ini populer. Pasta biji teratai segar atau pasta kacang merah adalah kombinasi paling umum untuk isian kue bulan dengan kuning telur.

5. Snow skin mooncake

(Instagram/@mendy.tan) Snow skin mooncake

Snow skin mooncake adalah jenis kue bulan yang tidak dipanggang. Kue ini berasal dari Hong Kong dan menjadi tren di China. Sesuai namanya, kue bulan ini memiliki lapisan luar bening yang terbuat dari tepung ketan.

Beberapa ada yang menambahkannya dengan pewarna dan isian beraneka macam bisa manis ataupun gurih, seperti buah dan kuning telur bebek. Berbeda dengan kue bulan lainnya, kue ini perlu disimpan di lemari es sehingga dinikmati selagi dingin.

Artikel Asli