10 Makanan Khas Bali yang Murah dan Wajib Kamu Coba

Food | limapagi.id | Published at Selasa, 21 September 2021 - 12:20
10 Makanan Khas Bali yang Murah dan Wajib Kamu Coba

LIMAPAGI Bali merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tidak hanya pantainya yang cantik, namun Pulau dewata juga memiliki beragam makanan khas yang bisa kamu coba dengan harga yang sangat terjangkau.

Berikut tim Limapagi merangkum 10 makanan khas Bali yang murah dan wajib kamu coba jika berkunjung ke Pulau Seribu Pura ini.

1. Nasi Campur Bali

(instagram)@kokocelamitan

Makanan khas pertama dari Pulau Dewata adalah nasi campur yang dihiasi lauk khas Bali seperti, telur pindang, sate lilit, lawar atau urap.

Nasi campur Bali bisa kamu temukan dengan tiga nama, nasi campur babi yang menggunakan daging babi guling sebagai sajiannya, nasi campur ayam yang menggunakan daging ayam suwir, dan nasi pedas yaitu nasi campur yang menyajikan sambal pedas sebagai sajian utama.

Untuk harga nasi campur bisa kamu nikmati mulai dari Rp12.500 per porsinya.

2. Babi Guling

(instagram)@kitchen_raf

Babi guling atau yang lebih dikenal dengan be guling dimasak dengan cara dibakar dan diputar-putar atau diguling-guling hingga matang merata.

Babi guling menggunakan daging anak babi yang bagian perutnya diisi dengan daun ketela sebelum dimasak.

Kamu bisa menikmati satu porsi babi guling dengan harga mulai dari Rp20.000.

3. Ayam Betutu

(instagram)@hestri.susilowati

Makanan khas berikutnya berasal dari Gilimanuk yang menggunakan daging ayam yang dimasak dengan bumbu khas yang bernama base genep.

Base genep terdiri dari bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, serai, terasi, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk, kunir dan kencur yang dihaluskan sebelum ditumis.

Ayam betutu memiliki rasa yang pedas dan juga daging yang lembut, karena memasaknya butuh waktu yang lama sehingga bumbu lebih meresap sempurna.

Untuk satu ekor harga ayam betutu bisa kamu nikmati bersama keluarga mulai dari harga Rp95.000 atau satu porsinya seharga Rp37.000.

4. Sate Lilit

(canva)AndrewFotos

Berbeda dengan sate pada umumnya, daging pada sate lilit dihaluskan terlebih dahulu, kemudian diberikan bumbu seperti, bawang merah, bawang putih, serai dan daun jeruk. Setelah itu, daging tersebut dilekatkan atau dililitkan pada batang serai atau tusuk bamboo, lalu dibakar hingga matang.

Daging pada sate lilit, biasanya menggunakan ikan tenggiri atau tuna, namun bisa juga menggunakan daging ayam atau daging babi.

Karena dagingnya sudah diberi bumbu, jadi sate lilit tidak diberi bumbu kacang dalam penyajiannya. Rasa pedas dan manis yang dihasilkan menjadikan sate lilit salah satu makanan favorit di Bali.

Mulai dari harga Rp15.000 saja kamu sudah bisa menikmati lezatnya satu porsi sate lilit.

5. Nasi Jinggo

(canva)antoshkaphoto

Makanan khas berikutnya adalah nasi jinggo yang memiliki bentuk kerucut dan sepintas terlihat mirip dengan nasi kucing dari Yogyakarta.

Dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, nasi jinggo berisikan lauk berupa potongan daging, mie, tempe kering, dan sambal.

Kamu sudah bisa mencicipi nasi jinggo dengan harganya yang sangat murah meriah mulai dari Rp5.000 per satu porsinya.

6. Nasi Tepeng

(instagram)@witatourdenpasar

Makanan khas selanjutnya berasal dari Gianyar dan juga dikenal dengan nama sego tempong.

Nasi tepeng terlihat mirip dengan nasi campur, hanya saja variasi lauknya lebih beragam. Biasanya disajikan bersama nangka muda, ayam goreng, kacang merah, kacang panjang dan telur yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan bumbu-bumbu seperti, santan, kunyit, daun salam, garam, dan serai.

Kamu bisa menikmati nasi tepeng dengan rasanya yang gurih dan pedas mulai dari harga Rp10.000 untuk satu porsinya.

7. Sate Penyu

(canva)Puntita Siengdee

Meskipun namanya sate penyu, tapi daging pada sate penyu tidak menggunakan daging penyu, melainkan daging babi.

Daging babi pada sate penyu hanya diberi bumbu garam dan cabai, sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan pedas tanpa tambahan bumbu kacang.

Untuk satu porsi sate penyu, bisa kamu nikmati mulai dari harga Rp8.000 saja

8. Rujak Bulung

(instagram)@greencaviar.id

Rujak bulung terbuat dari rumput laut hijau yang disiram dengan kuah pindang.

Bumbu yang digunakan adalah cabai, terasi, garam, gula putih, air jeruk limau, dan disiram dengan kuah pindang atau kaldu ikan dan ditaburi kedelai goreng.

Rujak bulung menghasilkan rasa yang pedas, gurih, dan sedikit manis membuatnya terasa segar untuk dinikmati bersama dengan ketupat.

Dengan harga yang sangat terjangkau, satu porsi rujak bulung bisa kamu nikmati mulai dari Rp15.000

9. Tum Bali

(instagram)@seipig

Tum bali merupakan daging yang dimasukkan ke dalam daun pisang yang sebelumnya telah dibumbui dengan tumisan bumbu yang dihaluskan seperti kencur, bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam, terasi, dan minyak kelapa, lalu dikukus sampai matang.

Tum bali bisa dibuat dengan menggunakan daging ayam, daging sapi maupun daging babi.

Dengan rasa pedas dan gurih, tum bali sangat cocok disajikan dengan nasi.

10. Sate Plecing

(instagram)@satemaklukluk

Makanan khas terakhir dari Bali adalah sate plecing yang menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya. Namun, dagingnya bisa juga diganti menggunakan daging sapi atau daging ayam.

Sate plecing mempunyai bumbu khas sendiri yang bernama sambal plecing dan memiliki dua varian rasa, sambal plecing pedas dan sambal plecing manis.

Satu porsi sate plecing bisa kamu nikmati mulai dari harga Rp20.000

Artikel Asli