Cara Tepat Bersihkan Daging Kurban, Bukan Dicuci dengan Air!

limapagi.id | Food | Published at 20/07/2021 13:51
Cara Tepat Bersihkan Daging Kurban, Bukan Dicuci dengan Air!

LIMAPAGI - Hampir sebagian besar orang memiliki daging dari penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha. Tak sedikit yang memilih untuk menyimpan daging ke dalam kulkas.

Namun sebelum disimpan atau dimasak, ternyata daging mentah tidak direkomendasikan dicuci dengan air. Sebab, daging mentah dapat terkontaminasi bakteri dan virus berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Beberapa bakteri yang umum ada meliputi patogen bawaan makanan yang umum termasuk bakteri Salmonella, Listeria, Campylobacter, dan E. coli, ditambah virus norovirus dan hepatitis A.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan bahwa mencuci daging dengan air mengalir tidak menghilangkan patogen bawaan daging mentah.

Justru mencuci daging menggunakan air mengalir dapat menimbulkan risiko keamanan dan kesehatan makanan tambahan, dengan menyebarkan bakteri ke permukaan lain dan makanan yang akan dimakan mentah, seperti buah atau sayuran.

Sebuah penelitian menemukan bahwa daging sapi yang direbus pada suhu 60 derajat Celcius selama 4 menit, atau menyiram dengan air panas 82 derajat Celcius diikuti dengan semprotan asam laktat, mengurangi pertumbuhan bakteri pada permukaan daging.

Bisa juga dengan larutan asam seperti cuka atau jus lemon untuk mengurangi jumlah bakteri pada daging mentah, dibandingkan dengan mencuci dengan air biasa.

Artikel Asli