Loading...
Loading…
Biar Tetap Higienis, Begini Cara Benar Mencuci Buah dan Sayur Menurut Ahli

Biar Tetap Higienis, Begini Cara Benar Mencuci Buah dan Sayur Menurut Ahli

Food | limapagi.id | Rabu, 30 Juni 2021 - 07:30

LIMAPAGI - Di tengah kondisi dunia yang sedang tidak baik-baik saja karena pandemi Covid-19, kamu perlu membekali dirimu dengan buah dan sayuran. Buah dan sayur terkenal sebagai bahan makanan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral.

Namun, bukan berarti buah dan sayur langsung serta merta memberikan efek baik bagi tubuh. Jika kamu cuek ketika mencucinya, buah dan sayur juga bisa memberikan efek negatif. Pasalnya, buah dan sayuran juga memiliki kotoran dari tanah atau pestisida pada bagian luarnya.

Jika tak dibersihkan dengan benar, virus dari tanah seperti E.Coli dan Salmonella bisa masuk ke tubuh dan menyebabkan sakit pada pencernaan. Residu peptisida yang tak hilang pada buah dan sayur juga bisa menganggu kesehatan reproduksi pada wanita, berdasarkan laporan dari Jama Internal Medicine.

Untuk itu, penting untuk mengetahui cara mencuci buah dan sayuran yang benar. Melansir dari Health , Rabu, 30 Juni 2021, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat tidak menyarankan mencuci buah dan sayuran segar menggunakan sabun, deterjen, atau produk berbahan dasar kimia lainnya.

Buah dan sayur itu memiliki pori-pori sehingga sabun dan deterjen dapat diserap olehnya. Meski setelah itu sudah dibilas dengan air, tetap saja dapat membuat seseorang sakit, kata FDA.

Baca Juga :
Ternyata seperti Ini Cara Menyimpan Sayur dan Daging yang Benar di Kulkas

Untuk cara yang benar dan tepat, FDA menyarankan untuk kamu menyiapkan dulu buah dan sayurnya. Potong buah dan sayur pada sisi yang sudah busuk atau tidak layak dikonsumsi. Lalu, cuci semuanya secara menyeluruh di bawah air dingin yang mengalir.

Air mengalir dapat membuat berbagai kotoran dan zat kimia langsung larut ke pembuangan. Untuk buah atau sayur yang keras seperti mentimun, kamu bisa gosok dengan sikat pembersih. Setelah itu, baru keringkan.

Setelah dicuci, keringkan buah dan sayur dengan handuk bersih untuk menghilangkan bakteri yang mungkin masih ada di permukaan, tambah perwakilan FDA.

Jika kamu merasa kurang hanya dengan menggunakan air, FDA merekomendasikan bahan alami seperti larutan cuka atau baking soda untuk mencuci buah dan sayur. Larutan cuka dinilai aman untuk mencuci buah dan sayur.

Terakhir, jika kamu tidak langsung mengonsumsi buah dan sayur setelah dicuci, maka kamu perlu perhatikan cara menyimpannya. Cara menyimpan buah dan sayur yang baik adalah berada di bagian kulkas yang jauh dari daging mentah atau ikan.

Baca Juga :
Khawatir Virus Corona Hidup di Sayuran dan Buah, Ini Penjelasannya

Pastikan buah dan sayur udah kering, lalu masukkan ke dalam wadah bersih. Simpan di lemari es dengan suhu 40 derajat Fahrenheit.

Original Source

Topik Menarik

{
{