Loading...
Loading…
Hai Bunda, Apakah si Bayi Cukup Asi? Ternyata Ini Lho 5 Makanan Pelancar ASI Ini

Hai Bunda, Apakah si Bayi Cukup Asi? Ternyata Ini Lho 5 Makanan Pelancar ASI Ini

Ekonomi | wartaekonomi | Kamis, 25 Maret 2021 - 15:47

Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti sering menghantui ibu yang baru melahirkan dan menyusui anaknya. Polemik mengenai produksi ASI sedikit tentunya menjadi kekhawatiran semua ibu. Bagaimana tidak, ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi dan semua ibu pasti ingin mengusahakan yang terbaik agar anaknya bisa mendapatkan ASI, khususnya ASI eksklusif selama 6 bulan.

Selain memaksimalkan proses pengosongan payudara, jika produksi ASI berkurang, ibu bisa coba makanan pelancar ASI ini untuk produksi ASI yang melimpah, berikut beberapa makanan yang bisa memproduksi ASI, seperti dirangkum, Kamis (25/3/2021).

1. Daun Katuk

Daun katuk sudah dipercaya turun temurun oleh masyarakat Indonesia bisa melancarkan produksi ASI ibu menyusui. Sayuran ini biasanya diolah menjadi sayur bening. Kandungan gizinya ada banyak sekali, seperti antioksidan, vitamin, dan mineral. Daun katuk bisa meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin yang berperan penting dalam proses menyusui.

Jika Ibu tidak suka makan sayuran selama menyusui atau ingin mengonsumsi daun katuk dengan lebih praktis, Ibu bisa mendapatkan manfaat baik daun katuk dengan mengonsumsi ASI booster yang mengandung bahan alami daun katuk, seperti Herba ASIMOR.

Baca Juga :
Jaga Imunitas Anak di Tengah Covid-19, Konsumsi Gizi yang Baik Diperlukan

2. Jahe

Dikenal dapat menjadi pengusir mual selama kehamilan, olahan jahe ternyata juga bermanfaat untuk ibu menyusui. Jahe mengandung bahan aktif yang dapat menstimulasi produksi ASI. Ibu bisa mengonsumsi jahe dengan cara mengolahnya menjadi teh jahe atau menjadikannya salah satu bumbu masakan agar makin sedap untuk dinikmati.

3. Bayam

Sayuran hijau, termasuk bayam dianggap dapat meningkatkan produksi ASI. Kandungan zat besi, kalsium, vitamin K, dan asam folatnya juga bermanfaat untuk kesehatan ibu menyusui. Bayam bermanfaat untuk ibu menyusui karena mengandung phytoestrogens. Kandungan ini diteliti dapat meniru fungsi estrogen dalam tubuh untuk memproduksi ASI.

4. Alpukat

Ibu menyusui dikenal sering merasa lapar karena proses menyusui membakar banyak kalori. Alpukat dapat menjadi salah satu buah yang bisa diandalkan untuk jadi cemilan ibu menyusui saat terlalu sibuk untuk menyiapkan makanan. Mengandung lemak sehat, vitamin B, vitamin K, folat, potasium, vitamin C, dan vitamin E, alpukat bisa membantu Ibu meningkatkan kualitas ASI demi kesehatan bayi.

Baca Juga :
Selalu Bersih, Begini Cara Cegah Covid-19 Pada Bayi

5. Sawo

Siapa sangka buah yang satu ini juga dapat meningkatkan produksi ASI ibu menyusui? Sawo yang mengandung kaya kalori dapat membantu ibu memenuhi kebutuhan kalori saat menyusui yang sangat besar. Saat energi Ibu terpenuhi, tubuh akan semakin optimal dalam memproduksi ASI, sehingga kuantitas ASI yang dihasilkan pun akan semakin banyak.

Tak hanya kebutuhan kalori ibu saja yang akan terpenuhi saat mengonsumsi buah sawo, kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam buah sawo juga akan melancarkan dan menyehatkan pencernaan ibu menyusui.

Selain sayuran dan buah yang sudah disebutkan di atas, ibu juga harus menghindari faktor penyebab stres ya karena produksi ASI juga bisa dipengaruhi kondisi mood Ibu selama masa menyusui. Selalu buat waktu untuk me time dan jangan sungkan untuk minta bantuan ayah dan anggota keluarga lain untuk bergantian menjaga si Kecil, ya.

Original Source

Topik Menarik

{