Loading...
Loading…
Bangun Masjid di Inggris, Dua Miliarder Berharta Rp67 Triliun Ini Pernah Kerja Bersih-Bersih Toilet

Bangun Masjid di Inggris, Dua Miliarder Berharta Rp67 Triliun Ini Pernah Kerja Bersih-Bersih Toilet

Ekonomi | inewsid | Minggu, 21 Maret 2021 - 14:40

BLACKBURN, iNews.id - Mohsin dan Zuber Issa membangun masjid di kota kelahirannya, Blackburn, Inggris. Masjid itu dibangun lewat Issa Foundation senilai 5 juta poundsterling.

Masjid megah tersebut diusulkan oleh Issa bersaudara dan telah disetujui Dewan Kota Blackburn. Puluhan isu seputar proyek mulai dari masalah pengeras suara hingga potensi kerusakan pohon-pohon di sekitar masjid dijanjikan akan diatasi.

Siapa Mohsin dan Zuber Issa? Kakak beradik ini terpaut usia satu tahun. Mohsin, kakaknya saat ini berusia 49 tahun. Sementara adiknya Zuber 48 tahun.

Keduanya memiliki perusahaan private equity, EG Group yang baru-baru ini mengakuisisi supermarket Asda senilai 6,8 miliar pounds. Aksi korporasi tersebut juga dibekingi oleh TDR Capital.

Dikutip dari The Sun , Mohsin dan adiknya lahir dan tumbuh di Blackburn, Inggris dari keluarga imigran Gujarat, India. Ayah dan ibunya yang bernama Vali dan Zubeda saat itu bekerja di pabrik tekstil.

Keluar dari pekerjaan, ayahnya menyoba peruntungan berbisnis pom bensin. Dia menyewa garasi dari tabungannya sebesar 5.000 pounds. Saat itu, Mohsin dan Zuber bekerja di pom bensin orang tuanya. Namun, berjualan bensin tak terlalu menguntungkan sehingga akhirnya bisnis tersebut ditutup.

Issa bersaudara kemudian memiliki ide mengubah bisnis pom bensin menjadi tempat belanja. Mereka berpikir pengendara biasanya butuh cemilan dari snack hingga sandwich di tengah perjalanan.

Untuk menguji idenya, Mohsin dan Zuber membeli pom bensin di Bury, Manchester senilai 150.000 pounds. Awalnya, mereka mengerjakan semuanya sendiri mulai dari memastikan stok tersedia hingga membersihkan toilet. Dari situ, perusahaan mereka pun lahir yang dinamai Euro Garages.

Kini, Euro Garages menguasai jaringan pom bensin di Inggris dan Eropa. Jumlah pom bensin yang dimiliki atau dikelola saat ini hampir 6.000 unit yang tersebar di sepuluh negara. Jaringan ini juga bekerja sama dengan merek-merek besar seperti Burger King, Starbucks, dan Subway.

"Penjualan bensin turun. Kami ingin menciptakan tempat di mana Anda bisa mendapatkan bensin, makanan, dan belanja. Ini formulanya dan berhasil. Kami beruntung pemain-pemain besar menyerah saat kami berkembang," kata Zuber.

Kekayaan kakak beradik itu saat ini ditaksir mencapai 3,56 miliar pounds atau Rp67 triliun. Selain pom bensin, mereka juga aktif dalam mengakuisisi properti. Mereka pernah mengeluarkan 100 juta pounds untuk membeli kawasan Frontier Park, termasuk di dalamnya Hotel Hampton yang dikelola Hilton.

Selain itu, mereka juga membeli bangunan baru senilai 35 juta pounds di Jalan Haslingden, Blackburn. Gedung tersebut kini menjadi kantor pusat Euro Garages.

Pada 2017, terungkap bahwa pembeli mansion raksasa di Knightsbrigde adalah Mohsin dan Zuber Issa. Bangunan itu dibeli seharga 25 juta pounds.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{