Loading...
Loading…
17 Emiten Belum Free Float Saham

17 Emiten Belum Free Float Saham

Ekonomi | okezone | Selasa, 02 Maret 2021 - 14:02

JAKARTA Sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, PT Bursa Efek Indonesia ( BEI ) masih ada beberapa perusahaan tercatat yang belum memenuhi ketentuan free float saham. Setidaknya ada 17 perusahaan tercatat yang belum memenuhi free float atau jumlah saham beredar minimum sebesar 7,5%. Namun sayangnya, BEI belum menyebutkan detail 17 perusahaan tersebut.

Kata Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia, I Gede Nyoman Yetna, masih terdapat sejumlah perusahaan tercatat yang belum memenuhi ketentuan saham yang dimiliki oleh pemegang saham bukan pengendali dan bukan pemegang saham utama paling sedikit 7,5% atau 50 juta saham dari jumlah saham modal disetor.

Terdapat 3% atau 17 perusahaan tercatat yang belum memenuhi ketentuan tersebut, termasuk di dalamnya Perusahaan Tercatat yang sedang dalam proses Voluntary Delisting, ujarnya dilansir Harian Neraca, Selasa (2/3/2021).

Ketentuan free float saham sendiri tertuang dalam ketentuan V.1 Peraturan Bursa Nomor I-A. Berdasarkan pemantauan BEI per 31 Desember 2020, sebanyak 696 dari 716 atau sekitar 97% perusahaan tercatat telah memenuhi ketentuan minimum free float dan ketentuan minimum jumlah pemegang saham.

Di sisi lain, Nyoman menyebutkan, dari total tersebut hingga saat ini terdapat 9 perusahaan tercatat yang tengah dalam proses mematangkan rencana pemenuhan ketentuan yang tepat sesuai dengan kondisi masing-masing perusahaan tercatat. Adapun, otoritas mengaku senantiasa melakukan pembinaan untuk perusahaan tercatat yang belum memenuhi ketentuan free float, baik dalam bentuk permintaan penjelasan maupun dengar pendapat untuk mengetahui dan mendengar hambatan dan rencana setiap emiten untuk memenuhi ketentuan.

BEI juga terus melakukan sosialisasi berupa alternatif aksi korporasi yang dapat dilakukan oleh emiten yang dilanjutkan dengan pendampingan dan konsultasi teknis agar tindakan korporasi dapat dilakukan dengan lancar. Namun, apabila perusahaan tercatat belum juga dapat memenuhi ketentuan hingga waktu yang ditetapkan, BEI akan mengenakan sanksi atas tidak terpenuhinya ketentuan tersebut dengan periode pemantauan setiap 3 bulanan.

Original Source

Topik Menarik