Loading...
Loading…
IMF: Perlu Tindakan Tegas untuk Percepat Vaksin Covid-19

IMF: Perlu Tindakan Tegas untuk Percepat Vaksin Covid-19

Ekonomi | okezone | Jumat, 29 Januari 2021 - 11:24

WASHINGTON - Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan perlu tindakan tegas pemerintah untuk memastikan peluncuran vaksin Covid-19 yang cepat dan ekstensif. Terutama melindungi rumah tangga paling rentan dan perusahaan-perusahaan yang layak dipertahankan, serta mendorong pemulihan yang tangguh dan inklusif.

"Pandemi COVID-19 semakin cepat di banyak negara dan ketidakpastian sangat tinggi," tulis Vitor Gaspar, Direktur Departemen Urusan Fiskal IMF, dan tiga koleganya dalam sebuah blog, setelah IMF merilis Fiscal Monitor terbaru pada pekan lalu.

Dia mengatakan kerja sama global dalam memproduksi dan mendistribusikan pengobatan dan vaksin secara luas ke semua negara dengan biaya rendah sangat penting,

"Semakn cepat pandemi global berakhir, semakin cepat ekonomi dapat kembali normal dan orang akan membutuhkan lebih sedikit dukungan pemerintah,." kata Gaspar.

Menurut Fiscal Monitor terbaru, dukungan fiskal global mencapai hampir 14 triliun dolar AS pada akhir Desember 2020, naik sekitar 2,2 triliun dolar AS sejak Oktober 2020.

"COVID-19 adalah gangguan yang sangat besar bagi semua negara di seluruh dunia. Pendapatan pajak telah menyusut cukup substansial," kata Gaspar kepada Xinhua dalam sebuah wawancara video, menyebut tindakan fiskal yang cepat dan kuat seperti itu "mutlak diperlukan" untuk membantu mengatasi pandemi dan untuk menghindari krisis keuangan.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{