Loading...
Loading…
Erick Thohir Sedih Ada Relief Bersejarah Tak Terawat di Gedung Sarinah

Erick Thohir Sedih Ada Relief Bersejarah Tak Terawat di Gedung Sarinah

Ekonomi | inewsid | Jumat, 15 Januari 2021 - 15:13

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta PT Sarinah (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) untuk memperbaiki kembali relief bersejarah yang ditemukan di dalam Gedung Sarinah. Pasalnya, relief tersebut menjadi salah satu ikon untuk pembangunan Sarinah baru.

"Saya meminta Sarinah dan WIKA untuk memperbaiki kembali (relief) seperti yang dahulu, apalagi ini menjadi salah satu ikon untuk pembangunan Sarinah baru yang mudah-mudahan akan diresmikan pada saat Hari Pahlawan," ujar Erick Thohir di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Menurut dia, banyak pahlawan bangsa berasal dari seniman. Dengan memperbaiki relief tersebut, Indonesia menjadi bangsa besar yang mengenal sejarahnya.

Dia menilai, bangsa besar itu adalah bangsa yang mencintai karya seninya. Erick mengaku sedih saat melihat kondisi relief seni budaya yang dimiliki ini tidak terawat.

"Saya terharu, dalam arti, saya pecinta seni, ketika melihat kondisi seni budaya yang kita punya, tidak terawat. Karena itu saya titip untuk supaya bisa diperbaiki dan dijaga," katanya.

Sebelumnya Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati mengatakan relief bersejarah berusia lebih dari setengah abad di gedung Sarinah, Jakarta, akan dipamerkan sebagai salah satu ikon budaya saat pembukaan kembali pusat perbelanjaan tersebut

Fetty menjelaskan, penempatan relief tersebut akan diletakkan di tempat aslinya.Relief tersebut menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia dan mata pencahariannya.

Pada satu sisi, relief itu bergambar perempuan berkain kemben dengan bahu terbuka, sambil membawa kendi. Sementara sisi lainnya, relief berbentuk petani menggunakan topi caping. Pemugaran gedung Sarinah dimulai sejak keluarnya rekomendasi Tim Sidang Pemugaran Cagar Budaya provinsi DKI Jakarta pada awal Juni lalu.

Original Source

Topik Menarik

{