Loading...
Loading…
Tak Punya Kewenangan Impor, Mentan: Kami yang Sering Didemo

Tak Punya Kewenangan Impor, Mentan: Kami yang Sering Didemo

Ekonomi | okezone | Senin, 30 November 2020 - 13:56

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan kewenangan tentang impor tak ada di bawah kementeriannya, melainkan di kementerian lain. Pihaknya pun tidak senang adanya kebijakan importasi komoditas pangan.

"Kami (Kementan) hanya punya kewenangan untuk produktivitas. Saya ini tidak suka impor. Namun kalau kementerian lain yang membuka keran tersebut. Dan malah, yang didemo saya oleh petani," ujar dia dalam webinar Indef secara virtual Senin (30/11/2020).

Kemudian, lanjut dia, tidak perlu ada yang disalahkan. Akan tetapi yang perlu dipersiapkan adalah kualitas dari produktivitas di Indonesia harus lebih sesuai dengan pasar yang ada.

Menurut dia, tugasnya selama ini hanyalah membuat Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH). Di mana impor besar yang ada di kewenangannya diakui hanya daging sapi dan bawang putih.

"Jadi kami (Kementan) hanya membuat RIPH untuk menentukan syarat-syarat yang bisa diimpor seperti bawang putih tidak boleh menggunakan kotoran babi. Dan yang menentukan izin itu bukan di kita, ini kadang-kadang salah persepsi," ungkap dia.

Original Source

Topik Menarik