Premium di Jawa-Bali Bakal Hilang, Pertamina: BBM Oktan Tinggi Bikin Udara Bersih

Ekonomi | okezone | Published at Senin, 16 November 2020 - 07:40
Premium di Jawa-Bali Bakal Hilang, Pertamina: BBM Oktan Tinggi Bikin Udara Bersih

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan terus mengedukasi kepada masyarakat perihal penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ramah lingkungan. Hal ini tidak terlepas dari rencana penghapusan BBM jenis Premium yang memiliki kadar RON lebih rendah yakni RON 88.

Sebenarnya, BBM dengan RON lebih tinggi akan berdampak positif untuk mesin kendaraan dan udara yang lebih bersih. Oleh karena itu, Pertamina terus melakukan edukasi kepada masyarakat.

Namun, saat ini Pertamina memastikan tetap menjalankan penugasan Pemerintah untuk menyalurkan Premium, termasuk di wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali). Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 serta Kepmen ESDM Nomor 1851 K/15/MEM/2018.

Baca Juga: BBM Premium Bakal Hilang 1 Januari 2021, Ini Tanggapan Pertamina 

Pjs VP Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari menjelaskan sebagai badan usaha hilir yang mendapat penugasan dalam menyalurkan BBM, Pertamina tidak akan menghapuskan Premium. Sebab menurutnya, keputusan tersebut merupakan kewenangan Pemerintah.

"Pertamina tunduk pada regulasi yang ada. Yang dilakukan saat ini yakni mengedukasi konsumen untuk menggunakan BBM ramah lingkungan dan yang lebih berkualitas dalam meningkatkan performa kendaraan," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Selain itu lanjut Heppy, Pertamina juga memberikan stimulus berupa promo-promo BBM kepada konsumen. Sehingga para konsumen tergerak untuk mencoba BBM dengan kualitas lebih baik dan merasakan dampaknya ke mesin kendaraan melalui Program Langit Biru.

Program Langit Biru, imbuh Heppy, dilakukan Pertamina atas dukungan pemerintah daerah dan kementerian KLHK untuk menjawab tuntutan dan agenda global dalam rangka mengurangi kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dan sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 20 Tahun 2017.

"Untuk tahun mendatang, Program Langit Biru diharapkan akan dapat diterapkan lebih luas seiring dengan Pertamina tetap mengikuti ketentuan Pemerintah dalam hal penugasan penyaluran Premium kepada masyarakat," jelasnya.

 

Artikel Asli