Loading...
Loading…
Apa Itu Meta Description?

Apa Itu Meta Description?

Ekonomi | wartaekonomi | Kamis, 12 November 2020 - 14:15

Meta description (atau terkadang disebut sebagai meta tag) adalah elemen HTML yang mendeskripsikan dan merangkum konten halaman Anda untuk kepentingan pengguna dan mesin pencarian seperti Google. Meskipun penggunaan meta data sudah bukan menjadi faktor utama dalam menentukan peringkat SEO, meta description masih memainkan peran penting dalam menjalankan strategi on-page SEO.

Untuk mengetahui lebih lanjut, ada baiknya bagi Anda untuk mendalami artikel ini yang membahas mengenai apa itu deskripsi meta? Bagaimana cara menulisnya? Dan mengapa penggunaan deskripsi meta begitu penting bagi on-page SEO?

Apa Itu Meta Description?

Meta description atau deskripsi meta adalah sebuah atribut dalam meta tag Anda yang membantu mendeskripsikan halaman situs Anda. Cuplikan teks ini dapat muncul di hasil pencarian di bagian bawah judul laman Anda.

Anda dapat menemukan deskripsi meta di halaman web mana pun dengan mengklik kanan halaman dan memilih "view source" atau "view page source".

Setelah melihat kode halaman, Anda dapat melihat tag deskripsi meta, yang mungkin terlihat seperti ini:

Informasi ini memiliki beberapa tujuan, salah satunya adalah berfungsi sebagai cuplikan teks di halaman pencarian saat pengguna melihat halaman situs Anda. Deskripsi meta harus memberikan deskripsi singkat kepada pengguna tentang apa yang akan mereka temukan jika mereka meng-klik situs Anda.

Pada intinya, tag deskripsi meta di HTML adalah cuplikan teks berisi 160 karakter yang digunakan untuk meringkas konten halaman web. Mesin pencarian terkadang menggunakan cuplikan ini di hasil penelusuran untuk memberi tahu pengunjung tentang ringkasan halaman tersebut sebelum mereka meng-kliknya.

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Meta Description

Sebagian besar ahli SEO mungkin memiliki pertanyaan "Jika deskripsi meta tidak diperhitungkan dalam algoritma peringkat pencarian, mengapa saya harus menggunakannya?" Jawabannya sederhana. Berhentilah menganggapnya sebagai faktor penentu peringkat pencarian dan mulailah memikirkannya sebagai faktor untuk mendapatkan konversi. Berikut adalah beberapa alasan untuk menggunakan deskripsi meta di situs web Anda yang meliputi beranda, halaman internal, postingan blog, dan sebagainya.

1. Kata kunci di hasil penelusuran

Meskipun kata kunci yang Anda gunakan dalam deskripsi meta tidak membantu dalam peringkat pencarian, kata kunci tersebut masih dapat membantu menarik perhatian pencari. Ketika seseorang sedang mencari kata kunci atau frase tertentu, kalimat tersebut akan dicetak tebal dalam hasil pencarian di mana pun itu muncul.

Ini menunjukkan mengapa frase kata kunci teratas Anda harus ada dalam judul SEO dan deskripsi meta Anda. Anda tentu tidak ingin menjadi satu-satunya hasil dalam daftar pencarian ini yang tidak memiliki kata kunci untuk penelusuran tersebut. Jadi, pastikan deskripsi meta Anda menggunakan kata kunci yang Anda sudah ditargetkan dan ditulis dengan cara yang akan mendorong pencari untuk meng-klik hasil pencarian tersebut.

2. Banyak media sosial yang menggunakannya

Setiap kali Anda membagikan halaman di jejaring sosial seperti Facebook, Google+, atau LinkedIn, setiap situs akan menarik deskripsi meta dan kalimat pertama atau kedua sebagai deskripsi untuk ditampilkan. Deskripsi meta biasanya akan ditampilkan secara keseluruhan, sedangkan satu atau dua kalimat pertama dari postingan Anda akan berakhir dengan tanda elipsis [].

Meskipun Anda dapat mengedit deskripsi untuk penggunaan Facebook dan LinkedIn, tidak semua orang yang membagikan halaman situs Anda akan melakukannya. Artinya, jika kalimat pertama atau kedua yang berada di halaman tersebut tidak memberi ringkasan yang cukup baik, pengguna yang sedang melihat bagian tersebut mungkin akan tidak mengerti maksud dan tujuan dari laman tersebut. Karenanya, jika Anda ingin halaman situs Anda mendapatkan klik paling banyak di media sosial, pertimbangkan untuk membuat deskripsi meta yang kuat yang akan mendorong klik.

3. Banyak dari bookmark sosial yang menerapkannnya

Banyak dari jaringan bookmark sosial yang telah menggunakan deskripsi meta sebagai deskripsi halaman. Beberapa contoh jaringan bookmark yang menyertakan deskripsi meta adalah: Digg, BizSugar, dan masih banyak lagi. Hampir semua jaringan bookmark yang dibangun di sistem CMS Pligg juga akan menggunakan deskripsi meta terlebih dahulu.

Meskipun Anda dapat mengedit deskripsi di jaringan ini, Anda tidak dapat mengandalkan apakah orang lain yang mengirimkan halaman Anda akan melakukannya. Selain itu, jika Anda tidak perlu mengedit deskripsi, Anda akan menghemat sedikit pekerjaan jika mengirimkan halaman Anda sendiri.

Cara Menulis Meta Description Yang Baik

Karena rasio klik-tayang pada hasil pencarian (SERP) dipandang sebagai faktor peringkat yang potensial, cara terbaik untuk membuat deskripsi meta Anda yang ramah SEO adalah menuliskannya dengan maksud untuk mendapatkan lebih banyak klik.

Pikirkan hasil penelusuran Anda seperti iklan tradisional di koran atau majalah. Iklan cetak klasik menggunakan judul dan slogan untuk memikat seseorang agar menghubungi nomor telepon atau bepergian ke suatu alamat untuk membeli produk di toko.

Begitu juga di hasil pencarian, judul halaman Anda adalah informasi utama yang dimiliki situs Anda, deskripsi meta adalah tagline Anda, dan URL adalah alamatnya. Karena deskripsi meta pada dasarnya adalah micro field untuk halaman web, Anda harus mengisinya dengan bahasa yang sesuai sehingga pengguna akan mengklik halaman situs Anda di hasil pencarian. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menulis deskripsi meta yang baik.

1. Kata kunci

Pastikan kata kunci terbaik yang digunakan di halaman web muncul dalam deskripsi meta. Sering kali mesin pencari akan menyoroti dengan memakai huruf tebal sehingga dapat menemukan kueri pencari dalam cuplikan laman Anda.

2. Tulis deskripsi yang baik

Apabila kata kunci yang digunakan dalam deskripsi meta Anda buruk, hal itu tidak dapat membantu pengguna dalam mencari jawaban karena mereka akan menganggap laman Anda mengarah ke situs web yang berisi spam. Pastikan deskripsi Anda terbaca seperti kalimat normal yang ditulis manusia.

3. Perlakukan deskripsi meta seolah-olah itu adalah iklan untuk laman web Anda

Buatlah semenarik dan serelevan mungkin. Deskripsi tersebut harus cocok dan sesuai dengan konten yang ada di halaman situs. Anda juga harus membuatnya semenarik mungkin sehingga akan mendorong pengguna untuk meng-klik laman situs Anda.

4. Penggunaan karakter huruf

Deskripsi meta tidak boleh lebih dari 135-160 karakter (meskipun Google baru-baru ini sudah menguji cuplikan laman yang lebih panjang). Hal tersebut karena mesin pencari akan memotong ujungnya dari kalimat tersebut, jadi pastikan kata kunci penting berada di bagian depan.

5. Jangan menduplikasi deskripsi meta

Seperti halnya dengan tag judul, deskripsi meta juga harus ditulis berbeda untuk setiap halamannya. Google dapat memberikan Anda penalty karena menduplikasi deskripsi meta Anda secara massal.

6. Pertimbangkan untuk menggunakan Google snippets

Dengan menggunakan markup skema, Anda dapat menambahkan elemen ke cuplikan atau snippets untuk meningkatkan daya tariknya. Misalnya: rating yang menggunakan bintang, rating dari pelanggan, informasi produk, dll.

Original Source

Topik Menarik

{