Jumlah Nasabah Tembus 20 Juta Orang, BSI jadi Bank Syariah Terbesar di Dunia

Jumlah Nasabah Tembus 20 Juta Orang, BSI jadi Bank Syariah Terbesar di Dunia

Ekonomi | inews | Jum'at, 21 Juni 2024 - 11:03
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat jumlah nasabah PT Bank Syariah Indonesia (BSI) menembus lebih dari 20 juta orang. Angka ini naik signifikan sejak 3 tahun lalu merger.

Menurut Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko pascamerger bank syariah plat merah menjadi BSI, perusahaan melayani lebih dari 20 juta nasabah, atau bertambah lebih dari 6 juta.

Angka tersebut menjadikan BSI sebagai bank dengan jumlah nasabah terbesar kelima di Indonesia dan bank syariah dengan nasabah terbesar di dunia.

Kementerian BUMN bersama BSI berkomitmen penuh mendorong Indonesia membangun kapasitas dan kapabilitas, untuk menjadi pemain utama dan produsen dalam halal value chain global, ucap Tiko melalui keterangan pers, Jumat (21/6/2024).

Sehingga Indonesia dengan memanfaatkan keunggulan muslim kedua terbesar mampu menjadi pusat industri halal dunia, tutur dia.

Menurutnya, merger BSI pada 1 Februari 2021 merupakan wujud nyata transformasi yang dilakukan Kementerian BUMN. Saat ini, BSI berpegang teguh untuk menjadi bank syariah yang inklusif dan modern, serta melayani semua segmen nasabah baik usaha mikro, UMKM, retail, hingga korporasi.

Dalam hal ekspansi, BSI telah membuka cabang operasional di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Saat ini sedang berproses membuka cabang di Arab Saudi dan terus mengembangkan potensi islamic ecosystem terutama dari bisnis haji dan umrah.

Sebelumnya, Wakil Presiden Maruf Amin mengapresiasi komitmen BSI untuk menjadikan ekonomi dan keuangan syariah terutama di segmen UMKM sebagai arus baru pertumbuhan ekonomi nasional.

Maruf Amin mengatakan, di tataran global, BSI juga telah menembus 10 besar bank syariah terbesar dunia dari sisi kapitalisasi, membuka cabang di Dubai dan terus berupaya melebarkan sayapnya di mancanegara.

Hal ini, kata Maruf Amin adalah langkah konkret yang semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain utama ekonomi syariah dunia.

Saat ini, kita menyaksikan BSI mampu tumbuh menjadi bank terbesar kelima nasional dan mengukuhkan posisinya dalam merepresentasikan bank syariah yang modern, inklusif, dan mampu bersaing dengan bank konvensional, ucap dia.

Selain itu, BSI semakin terdepan dalam menciptakan ekosistem yang mampu menopang dan mengakselerasi pengembangan ekonomi syariah Indonesia ke depannya, kata Maruf Amin.

Topik Menarik