Gaji YouTuber 1 Juta Subscriber, Berapa Nominalnya?

Gaji YouTuber 1 Juta Subscriber, Berapa Nominalnya?

Ekonomi | inews | Kamis, 20 Juni 2024 - 06:09
share

JAKARTA, iNews.id - Gaji YouTuber 1 juta subscriber menarik untuk dibahas kali ini. Di era digital seperti sekarang ini, YouTube jadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh YouTuber.

Melalui YouTube, YouTuber dapat membagikan hasil kreativitas mereka. Tak hanya itu, melalui aplikasi ini mereka juga bisa mendapatkan pemasukan yang hasilnya terbilang menggiurkan.

Gaji YouTuber 1 Juta Subscriber

Menurut berbagai sumber, Rabu (19/6/2024), YouTube akan menentukan berapa banyak adsense dan pendapatan yang nantinya diterima oleh pembuat konten maupun YouTuber.

Pendapatan yang nantinya didapat pun berasal dari jumlah subscriber dan viewers dari video yang diunggah.

Gaji YouTuber bisa dihitung berdasarkan Cos Per Mile (CPM) dan Cost Per Click (CPC). Adapun, CPM adalah uang yang didapatkan oleh YouTuber yang berasal dari 1000 penayangan iklan dalam video yang diunggah.

CPM digunakan oleh YouTube untuk menentukan berapa biaya tayang iklan online yang dibayarkan oleh pihak pengiklan. Seorang YouTuber akan mendapatkan Rp7.000 untuk setiap tayangan iklan dipasang di videonya.

Di sisi lain, CPC adalah perhitungan bayaran yang diperoleh per klik dari iklan yang ditayangkan dalam satu video. Nominal CPC untuk satu klik tayangan iklan sekitar Rp5.000 hingga Rp12.000.

Artinya, estimasi gaji YouTuber 1 juta subscriber dapat dihitung dengan menggunakan patokan CPM dan CPC videonya. Semakin banyak jumlah subscriber dalam suatu kanal, kesempatan video YouTuber untuk ditonton tentu akan semakin besar.

Menurut hitung-hitungan, penghasilan YouTuber 1 juta subscriber ini dihitung sebesar USD3,00 USD5,00 per 1000 iklan yang setiap tayang di video unggahan di kanalnya.

Penghasilan bulanan Youtuber dengan 10 juta subscriber berkisar antara USD12.8K hingga USD204.8K. Atau berkisar di angka Rp189.758.720 (189 juta) sampai dengan Rp3.036.139.520 (3 milyar) per bulan.

Demikian ulasan mengenai gaji YouTuber 1 juta subscriber. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik