Deretan Negara Muslim Terkaya di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Deretan Negara Muslim Terkaya di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Ekonomi | inews | Senin, 17 Juni 2024 - 08:30
share

JAKARTA, iNews.id - Sebagian besar negara muslim terkaya di dunia berasal dari Timur Tengah. Perekonomian negara-negara di wilayah tersebut sebagian besar bertumpu pada emas hitam dan sumber daya alam.

Belakangan ini, keadaan di wilayah tersebut terlihat kurang baik setelah serangan Israel di Gaza dan ketegangan menyebar ke seluruh Timur Tengah. Perang semakin memanas di kawasan ini seiring perkembangan besar yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Menurut perkiraan Economist Intelligence, perekonomian Timur Tengah diperkirakan akan tumbuh di bawah 3 persen pada tahun ini. Salah satu negara dengan perekonomian terbesar di kawasan ini, Arab Saudi melakukan pengurangan produksi minyak bertahap sejak tahun lalu. 

Selain itu, investasi akan terus mengalir di sektor non-energi, seperti Arab Saudi seiring dengan upaya diversifikasi ekonominya. Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, dan negara-negara besar lainnya di kawasan tersebut akan mendapatkan keuntungan dari strategi diversifikasi perdagangan dan investasi mereka. 

Selain itu, negara-negara muslim juga berada di Afrika. Perekonomian di wilayah tersebut akan menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang signifikan dibandingkan sebagian besar kawasan, dengan rata-rata produk domestik bruto (PDB) berpotensi mencapai hingga 3,5 persen pada 2024.

Dua negara dengan perekonomian Muslim terbesar di Afrika adalah Mesir dan Nigeria. Mesir diperkirakan akan mencatat pertumbuhan yang lambat sebesar 3,4 persen pada 2024. Sedangkan prospek pertumbuhan Nigeria menuju peningkatan moderat, dengan pertumbuhan diperkirakan sebesar 3,1 persentahun ini. 

Untuk menyusun daftar negara-negara muslim terkaya di dunia, Insider Monkey mengurutkan negara-negara muslim berdasarkan PDB per kapita yang datanya diambil dari database Dana Moneter Internasional (IMF). Pengurutan negara muslim terkaya diurutkan berdasarkan PDB per kapitanya.

Negara Muslim Terkaya di Dunia 

Berikut daftar 15 negara muslim terkaya di dunia dikutip dari Insider Monkey:

1. Qatar

Qatar merupakan satu-satunya negara muslim dengan PDB per kapita lebih dari 100.000 dolar AS. Negara tersebut memiliki PDB per kapita 118.150 dolar AS dan proyeksi tingkat pertumbuhan PDB riil sebesar 2,20 persen. 

Qatar telah mendapatkan perhatian global setelah suksesnya Piala Dunia 2022. Qatar merupakan negara muslim terkaya di dunia dengan PDB sebesar 342,84 miliar dolar AS.

2. Uni Emirat Arab (UEA)

UEA merupakan salah satu negara muslim paling maju di dunia dengan PDB mencapai 952,17 miliar dolar AS dan PDB per kapita sebesar 92.950 dolar AS. 

3. Arab Saudi

Arab Saudi mendiversifikasi perekonomiannya melalui investasi besar di sektor non-minyak. Negara ini memiliki PDB sebesar 2,39 triliun dolar AS dan perkiraan tingkat pertumbuhan PDB riil sebesar 4 persen pada 2024. PDB per kapita pada tahun ini mencapai 71.370 dolar AS.

4. Bahrain 

Bahrain memiliki perekonomian yang relatif kecil dibandingkan dengan negara-negara tetangga Arab lainnya. Negara ini memiliki PDB sebesar 101,68 miliar dolar AS dan proyeksi tingkat pertumbuhan PDB riil sebesar 3,60 persen pada tahun ini. Dengan PDB per kapita sebesar 62.750 dolar AS, Bahrain merupakan salah satu negara muslim terkaya di dunia.

5. Kuwait 

Kuwait memiliki PDB per kapita sebesar 54.760 dolar AS dan PDB sebesar 271,8 miliar dolar AS. Kuwait merupakan negara kepulauan yang penuh dengan sumber daya alam termasuk minyak dan gas. Perkiraan tingkat pertumbuhan PDB riil Kuwait adalah 3,60 persen pada 2024.

6. Turki 

Turki memiliki PDB sebesar 3,81 triliun dolar AS dengan proyeksi pertumbuhan PDB riil sebesar 3 persen. Negara tersebut mampu meningkatkan dan mendiversifikasi kemampuan ekonominya. Negara dengan PDB per kapita 43.620 dolar AS ini telah memasuki era baru setelah selesainya Perjanjian Lausanne. 

Buka halaman berikutnya untuk mengetahui lanjutan daftar negara muslim terkaya di dunia >> 

7. Oman 

Oman merupakan negara dengan perekonomian yang relatif kecil dengan PDB sebesar 210,31 miliar dolar AS. Negara ini memiliki PDB per kapita sebesar 40.020 dolar AS dan perkiraan tingkat pertumbuhan PDB riil sebesar 2,70 persen. 

8. Malaysia 

Malaysia merupakan salah satu negara dengan perekonomian terbesar di antara negara-negara muslim. Negara ini memiliki PDB sebesar 1,31 triliun dolar AS dan PDB riilnya diproyeksikan tumbuh sebesar 4,30 persen pada 2024. PDB per kapita negara tetangga Indonesia ini mencapai 39.070 dolar AS.

9. Kazakhstan

Kazakhstan adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tengah dengan proyeksi tingkat pertumbuhan sebesar 4,20 persen. Negara ini memiliki PDB sebesar 696,9 miliar dolar AS dengan PDB per kapita sebesar 34.480 dolar AS. 

10. Libya

Libya merupakan salah satu negara dengan perekonomian paling rendah di antara negara muslim. PDB per kapita negara tersebut mencapai 26.530 dolar AS.

Pada bulan September 2023, negara ini mengalami kerusakan parah ketika dua bendungan di Kota Derna, yang terletak di Sungai Wadi Darnah, runtuh secara tragis. Namun, pertumbuhan PDB riil Libya diperkirakan sekitar 7,50 persen pada tahun 2024 dengan PDB sebesar 183,39 miliar dolar AS.

11. Iran

Iran memiliki PDB per kapita 20.690 dolar AS. Meski ada sanksi AS, Iran telah berkembang menjadi negara dengan ekonomi besar dan memiliki kontrol militer yang kuat di Timur Tengah. 

Iran memiliki PDB sebesar 1,81 triliun dolar AS dan proyeksi tingkat pertumbuhan PDB riil sebesar 2,50 persen pada tahun 2024. 

12. Mesir

Mesir merupakan salah satu negara muslim terkaya di dunia dengan PDB per kapita 17.790 dolar AS. Mesir memiliki PDB sebesar 1,92 triliun dolar AS dengan proyeksi tingkat pertumbuhan PDB riil sebesar 3,60 persen.

13. Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara muslim dengan perekonomian terbesar di dunia dengan PDB sebesar 4,72 triliun dolar AS. Proyeksi tingkat pertumbuhan PDB riil negara ini mencapai 5 persen pada tahun 2024. PDB per kapita sebesar 16.840 dolar AS 

14. Aljazair

Aljazair merupakan salah satu negara muslim terbesar yang berbasis di Afrika. Negara ini memiliki PDB sebesar 663,39 miliar dolar AS dengan perkiraan tingkat pertumbuhan PDB riil sebesar 3,10 persen pada 2024. PDB per kapita Aljazair sebesar 14.230  dolar AS.

15. Tunisia

PDB Tunisia mencapai 168,93 miliar dolar AS dan perkiraan tingkat pertumbuhan PDB riil sebesar 1,90 persen untuk tahun 2024. Dengan PDB per kapita sebesar 13.690 dolar AS, Tunisia menjadi salah satu negara muslim terkaya di dunia.

Tunisia telah membuat konstitusi baru dengan mengadopsi sistem presidensial dengan sidang pertama parlemen baru yang diadakan pada bulan Maret 2023. 

Topik Menarik