Gubernur BI Sebut Inflasi Indonesia Terendah di Dunia

Gubernur BI Sebut Inflasi Indonesia Terendah di Dunia

Ekonomi | inews | Jum'at, 14 Juni 2024 - 11:04
share

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyebut tren inflasi Indonesia termasuk yang terendah di dunia. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan TPID Award.

Perry mengungkapkan bahwa inflasi IHK pada bulan Mei tercatat sebesar 2,84 persen, terjaga dalam kisaran target 2,5 plus minus 1 persen.

"Pertama, seperti ditayangkan di dalam video tadi, tren inflasi Indonesia dalam 10 tahun terakhir menurun dan terkendali rendah, bahkan termasuk yang terendah di dunia pada saat ini," ucap Perry dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan TPID Award, Jumat (14/6/2024).

Dia menambahkan, di sebagian besar daerah, inflasi juga berada dalam kisaran target. Hal ini didukung eratnya sinergi pengendalian inflasi oleh pemerintah, pusat, dan daerah.

Selain itu, konsistensi kebijakan pemerintah dalam koordinasi erat tim pengendalian inflasi pusat dan daerah, termasuk Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang secara massal di berbagai daerah.

"Kami memperkirakan inflasi pada sisa tahun 2024 ini dan tahun 2025 akan tetap terkendali rendah dalam kisaran sasaran 2,5 plus minus 1 persen," ujarnya.

Topik Menarik