ICDX Gandeng Shanghai Metals Market Perluas Bursa Timah RI

ICDX Gandeng Shanghai Metals Market Perluas Bursa Timah RI

Ekonomi | inews | Jum'at, 14 Juni 2024 - 05:10
share

JAKARTA, iNews.id - Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (ICDX) berencana memperluas cakupan pasar bursa timah RI di skala internasional. Langkah ini dilakukan dengan mengajak Shanghai Metals Market (SMM) bekerja sama.

Sejak 2013, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mewajibkan transaksi komoditi timah wajib terjadi di dalam bursa. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah ICDX memacu pasar timah nasional sekaligus harga referensinya agar dapat dikenal luas hingga China.

Pilihan ini diambil mengingat posisi Indonesia sebagai produsen timah terbesar ketiga dunia. Sedangkan, China berada di urutan pertama.

Berdasarkan laporan United States Geological Survey (USGS) tahun 2023, Indonesia memiliki kapasitas produksi 52.000 metrik ton, sementara China mencapai 68.000 metrim ton.

"Kerja sama dengan SMM ini tentunya adalah sebuah upaya ICDX untuk memperluas pasar khususnya dalam bursa timah.
Seperti kita tahu, timah merupakan komoditas global yang buyer-buyernya tersebar di seluruh dunia," ucap Nursalam dalam ASEAN Tin Industry Conference 2024 di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Saat ini, kedua belah pihak tengah mencari skema kerja sama terbaik, meski belum terdapat nilai spesifik yang muncul. Namun, SMM tegas berniat untuk membuka kantornya di Indonesia, yang berarti terdapat potensi aliran investasi di dalam negeri.

"Seperti yang telah kami lakukan di Tiongkok selama 25 tahun, kami akan membangun sistem informasi kami di sini (Indonesia), seperti harga, data (mineral) di sini, agar kami dapat berkomunikasi langsung dengan industri setiap hari." ujar Senior VP Shanghai Metals Market, Logan Lu.

Shanghai Metals Market Information & Technology Co. Ltd (SMM) merupakan korporasi penyedia referensi harga logam mineral di China. Berdiri sejak 1999, perusahaan menerbitkan acuan harga spot lebih dari 100 logam dasar.

"ICDX sebagai bursa timah menyediakan referensi harga timah. Nah harga referensi timah ini nanti bisa disampaikan/disiarkan oleh Shanghai Metals Market sehingga ini (referensi harga timah RI) dikenal dunia," kata Nursalam.

Topik Menarik