Luhut Bertemu Menteri Energi dan Infrastruktur UEA, Apa yang Dibahas?

Luhut Bertemu Menteri Energi dan Infrastruktur UEA, Apa yang Dibahas?

Ekonomi | inews | Rabu, 22 Mei 2024 - 06:40
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazroui di sela-sela acara World Water Forum ke-10 di Bali. Dalam kesempatan itu, mereka membahas beberapa hal.

Menurut Luhut, ada beberapa kerja sama yang akan dilakukan bersama RI dan UEA kembali, khususnya di bidang energi baru dan terbarukan. Hal itu didasari dengan keingin bersama yang saling menguntungkan.

"Kami bersama-sama membahas perkembangan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Uni Emirat Arab, sekaligus menjajaki peluang kerja sama yang lebih luas lagi terutama di sektor energi baru dan terbarukan," ujar dia dikutip dari Instagram resmi Luhut, Rabu (22/5/2024).

"Ketika UAE memperjuangkan komitmen pembangunan yang ramah lingkungan, Indonesia juga punya semangat dan siap untuk memperjuangkan hal tersebut bersama-sama. Karena itulah, kedua negara ingin memajukan kerja sama yang saling menguntungkan di sektor energi hijau seperti ; Bahan Bakar Aviasi Rendah Emisi (SAF) dan Carbon Capture Storage," tuturnya.

Luhut menjelaskan saat ini adalah momen yang tepat untuk mendorong lebih banyak kerja sama antara BUMN lokal dan dari UAE. Dengan begitu, Indonesia bisa memperluas market di kawasan Asia Tenggara.

Saya kira sudah saatnya industri kedua negara melalui BUMN kedua belah pihak harus ambil peran untuk mencapai Sustainable Development Goals. Hal ini bisa dimulai dengan mendorong lebih banyak perusahaan UEA untuk bermitra dengan BUMN Indonesia, dengan demikian kami akan memiliki peluang untuk berekspansi baik di Indonesia maupun memperluas market di regional ASEAN," kata Luhut.

Luhut menjelaskan bahwa kerja sama RI dengan UEA telah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan berbagai proyek, seperti studi bersama tahap 2 PLTS Terapung Cirata, dan Tahap 1 penyediaan energi terbarukan di Ibukota Nusantara.

"Saya memastikan keberlanjutan hubungan bilateral yang kokoh dan persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab akan terus berlanjut di pemerintahan selanjutnya," ujar dia.

Topik Menarik