Kementerian PUPR Tawarkan 113 Proyek SDA Senilai Rp150 Triliun di KTT WWF

Kementerian PUPR Tawarkan 113 Proyek SDA Senilai Rp150 Triliun di KTT WWF

Ekonomi | inews | Selasa, 21 Mei 2024 - 15:43
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan inventarisasi 113 proyek Sumber Daya Air (SDA) senilai 9,4 miliar dolar AS atau setara Rp150 triliun pada acara Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (KTT WWF) ke-10 yang diselenggarakan di Bali.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan, proyek-proyek tersebut merupakan daftar proyek yang potensial melalui pembiayaan bersama diluar anggaran pemerintah. Adapun tujuan utama proyek tersebut menyangkut penyediaan air bagi masyarakat, hingga pengelolaan limbah domestik.

"Salah satu yang menjadi capaian pada forum ini adalah berhasilnya Indonesia menyusun daftar proyek terkait air yang menjadi andalan dari berbagai negara," ujar Basuki dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (21/5/2024).

Basuki menambahkan, proyek tersebut diincar misalnya untuk pemenuhan penyediaan air minum bagi 3 juta rumah tangga serta pengolahan air limbah domestik untuk 300.000 rumah tangga.

"Sebanyak 113 proyek senilai 9,4 miliar dolar AS, antara lain proyek percepatan penyediaan air minum bagi 3 juta rumah tangga, dan proyek pengelolaan air limbah domestik bagi 300.000 rumah tangga," tuturnya.

Proyek-proyek tersebut merupakan hasil deklarasi dari pertemuan tingkat menteri pada KTT WWF ke-10 di Bali. Deklarasi tersebut berhasil di ikuti setidaknya 106 negara dan 27 organisasi internasional

"Pembahasan deklarasi dilakukan dengan 3 mekanisme di markas besar UNESCO, Paris sejak November 2023 lalu," ucap Basuki.

Basuki menyebut, air merupakan kebutuhan fundamental bagi kehidupan manusia, disamping untuk kebutuhan konsumsi, kualitas air juga menentukan hasil dari produk pangan utama.

Topik Menarik