Menko Airlangga: PSN Diharapkan Jadi Tulang Punggung Transformasi Perekonomian

Menko Airlangga: PSN Diharapkan Jadi Tulang Punggung Transformasi Perekonomian

Ekonomi | inews | Selasa, 14 Mei 2024 - 14:25
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan proyek strategis nasional (PSN) diharapkan menjadi backbone atau tulang punggung transformasi perekonomian. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam arahannya di Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN telah mengingatkan untuk menyesuaikan daftar proyek nasional yang rampung tahun ini dan yang dilanjutkan di periode berikutnya tidak membutuhkan APBN.

"Nah dari project strategis ini diharapkan daripada backbone transformasi perekonomian dan komitmen daripada para stakeholder dari menyelesaikan program diharapkan bisa selesai pada waktunya," ujar Menko Airlangga dalam Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Hotel Park Hyatt Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Berdasarkan data Kemenko Perekonomian, secara kumulatif 198 proyek telah selesai, 32 proyek dan 10 program beroperasi sebagian, dan 44 proyek serta 3 program dalam tahap konstruksi.

"Realisasi yang selesai senilai Rp1.614 triliun dan penyerapan tenaga kerjanya adalah 2,71 juta orang," kata dia.

Adapun dari 41 PSN, sebesar Rp554 triliun diharapkan selesai di tahun 2024 dan kemudian dalam rangka pembangunan critical minerals, itu terdapat 16 proyek dengan nilai investasi sebesar Rp248,75 triliun.

"Ini terdiri dari hilirisasi nikel, hilirisasi tembaga, hilirisasi daripada bauksit, alumina dan juga hilirisasi dari pasir besi menjadi pig iron," ucapnya.

Topik Menarik